Aktivitas komunikasi humas bank indonesia dalam menyoalisasikan peredaran uang baru pecahan Rp 50000 dan Rp 10000 emisi tahun 2005

Novani, Dessi (2008) Aktivitas komunikasi humas bank indonesia dalam menyoalisasikan peredaran uang baru pecahan Rp 50000 dan Rp 10000 emisi tahun 2005. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)

Abstract

ABSTRAKSI DESSI NOVANI (04202-107) Aktivitas Komunikasi Humas Bank Indonesia dalam Menyosialisasikan Peredaran Uang Baru Pecahan Rp 50.000 dan Rp 10.000 Emisi Tahun 2005 xii + 76 Halaman ; 46 Lampiran Bibliografi : 32 acuan (1971-2005) Adanya proses peredaran uang baru, tentunya harus diinformasikan dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Dalam rangka menyosialisasikan peredaran uang baru, Humas Bank Indonesia menginformasikan kebijakan peredaran uang baru dengan menggunakan kegiatan aktivitas komunikasi agar kebijakan ini diketahui oleh masyarakat luas. Kebijakan peredaran uang baru Bank Indonesia adalah kebijakan moneter, yaitu kebijakan yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang dilakukan antara lain melalui pengendalian jumlah uang beredar dan atau suku bunga. Dalam hubungannya dengan komunikasi, Bank Indonesia melalui humasnya melakukan kegiatan komunikasi kepada masyarakat untuk menyosialisasikan peredaran uang baru pada penelitian ini akan membahas bagaimana aktivitas komunikasi yang digunakan Bank Indonesia dalam menyosialisasikan peredaran uang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi Humas Bank Indonesia dalam menyosialisasikan peredaran uang baru emisi tahun 2005. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep strategi yang dikemukakan oleh Cutlip dan Center dalam buku Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi yang menjelaskan empat langkah yang biasa dilakukan dalam proses humas dalam menyusun strategi yakni : Penemuan Fakta (Fact Finding), Perencanaan dan Program (Planning for Program), Aksi dan Komunikasi, dan Evaluasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa nara sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Humas Bank Indonesia telah menerapkan proses hubungan masyarakat melalui berbagai kegiatan komunikasi yang merupakan aktivitas kegiatan komunikasi yang telah ditetapkan sebelumnya dalam menyosialisasikan peredaran uang baru dimana aktivitas komunikasi yang dijalankan telah berhasil dengan baik dan sesuai dengan langkah yang ditetapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 027
Call Number: SK/07/186 NOV a
NIM: 04202-107
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI -HUMAS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Apr 2008 09:17
Last Modified: 05 Jun 2017 05:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item