ANALISA PERFORMANSI TRAFIK UNTUK LAYANAN SUARA, DATA, VIDEO CALL, MOBILE TV PADA JARINGAN 3G TELKOMSEL ACEH

HENDRY, HENDRY (2008) ANALISA PERFORMANSI TRAFIK UNTUK LAYANAN SUARA, DATA, VIDEO CALL, MOBILE TV PADA JARINGAN 3G TELKOMSEL ACEH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

Telkomsel merupakan operator telekomunikasi selular pertama di Indonesia yang menyediakan layanan 3G (third generation). Layanan 3G menghadirkan pengalaman baru yang menakjubkan di mana pelanggan akan merasakan era baru industri telekomunikasi selular (kombinasi suara, teks, gambar dan video) melalui layanan: video call, mobile TV live, serta high speed internet browsing dan download data dengan kecepatan tinggi mencapai 2 Mbps (Mega byte persecond). Minat masyarakat terhadap kehadiran layanan 3G Telkomsel sangat tinggi. Terbukti belum genap sebulan sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2006 hingga akhir Desember 2007 sudah tercatat 4 Juta pelanggan Telkomsel menikmati layanan 3G. Dengan banyaknya pengguna layanan 3G, Telkomsel berpotensi mengalami hambatan dan masalah dalam pelaksanaannya baik dalam hal kualitas maupun kuantitas yang meliputi aspek trafik dan coverage. Pada tugas akhir ini akan menganalisa performansi trafik untuk layanan suara, data, video call, mobile TV pada jaringan 3G Telkomsel wilayah Aceh. Untuk itu dilakukan pengamatan trafik suara, data dan streaming selama bulan November 2007 pada jam sibuk. Sehingga didapatkan parameter-parameter trafik berdasarkan tolak ukur yang sudah distandarkan seperti ASR (Answer to Seizure Ratio), SCR (Succesful Call Ratio), SCH (Seizure per Circuit per Hour), MHTS (Mean Holding Time per Seizure), OCC (Occupancy Circuit), GOS (Grade of Service), untuk mengetahui kehandalan trafik pada layanan 3G Telkomsel Aceh.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 001
Call Number: STI/09/623
NIM/NIDN Creators: 41405120090
Uncontrolled Keywords: PERFORMANSI TRAFIK, Layanan Suara Data Video,Video Call, Mobile TV Pada jaringan 3 G Telkomsel, ACEH
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Jan 2010 15:27
Last Modified: 16 Nov 2022 02:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27670

Actions (login required)

View Item View Item