Disain Perlengkapan Hubung Bagi Berselungkup Logam (Metal-Clad) 20Kv Memakai CB Dengan Media Isolasi Vacuum Di Gardu Induk.

Azhari, (2008) Disain Perlengkapan Hubung Bagi Berselungkup Logam (Metal-Clad) 20Kv Memakai CB Dengan Media Isolasi Vacuum Di Gardu Induk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL TEXT)
0140211-012 Azhari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

ABSTRAKSI Dalam perlengkapan peralatan tenaga listrik banyak dibutuhkan berbagai komponen pendukung mulai dari generator sebagai pembangkit tenaga listrik, power transformer sebagai alat penurun dan menaikan tegangan, kabel penghantar sebagai penghantar daya listrik untuk jaringan transmisi dan distribusi, dan perlengkapan hubung bagi yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung daya ke beban yang dilengkapi alat pengaman dan pengukuran. Kesemuanya itu memerlukan komponen listrik yang benar benar handal agar terjamin pasokan listrik ke pelanggan tidak mengalami masalah. Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai peralatan listrik berupa perlengkapan hubung bagi 20kV yang memenuhi spesifikasi diatas dan merupakan salah satu komponen utama dalam sistim tenaga listrik khususnya pada Jaringan Tegangan Menengah yang akan digunakan di Gardu Induk. Sebagai salah satu peralatan utama dalam sistim tenaga listrik khususnya di Gardu Induk perlengkapan hubung bagi tentunya juga harus didukung oleh komponen dalam terutama CB ( Circuit Breaker ) dari jenis yang handal. Untuk tujuan ini maka penulis memilih menggunakan CB jenis vacuum atau yang lebih dikenal VCB ( Vacuum Circuit Breaker ). Karena secara teknis sudah teruji kemampuannya dalam berbagai hal terutama kemampuannya melindungi peralatan dari gangguan arus hubung singkat. Sebagaimana kita ketahui gangguan hubung singkat adalah sangat berbahaya bagi peralatan dibanding jenis gangguan lain seperti gangguan beban lebih. Selain itu penulis juga lebih mengedepankan disain dari perlengkapan hubung bagi yang akan digunakan dari jenis selungkup logam ( Metal-clad ) untuk kubikelnya. Untuk dapat memenuhi kriteria spesifikasi diatas maka perlengkapan hubung bagi jenis ini sebagai konsekwensinya relatif jauh lebih mahal dibanding jenis panel lainnya. Oleh karenanya untuk pemakaian secara umum di gedung gedung komersial jarang digunakan. Peralatan ini lebih banyak digunakan di Gardu Induk

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 09 006
Call Number: STI/09/558
NIM/NIDN Creators: 0140211-012
Uncontrolled Keywords: MEDIA ISOLASI VACUUM
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2009 10:42
Last Modified: 09 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27629

Actions (login required)

View Item View Item