PENGARUH BIAYA LAYANAN PRIMA NASABAH TERHADAP PERKEMBANGAN DANA TABUNGAN SYARIAH PRIMA PADA PT BANK NEGARA INDONESIA CABANG SYARIAH PRIMA JAKARTA

SULASTRI, TUTI (2008) PENGARUH BIAYA LAYANAN PRIMA NASABAH TERHADAP PERKEMBANGAN DANA TABUNGAN SYARIAH PRIMA PADA PT BANK NEGARA INDONESIA CABANG SYARIAH PRIMA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The development of Islamic banking is a very exciting back, various forms of banking products and services issued in order to capture customers. BNI Syariah this challenge by opening two branches with excellent service in Jakarta and Surabaya. BNI Syariah Prima to meet public demands for better service, by presenting the exclusive services and more personal with a finacial advisor served by providing financial solutions, advisory, discretionary and brokerage customers needs. This study aims to determine whether this policy applies during the BNI Syariah Prima to affect customer service costs to fund Islamic savings and also whether the prime BNI Syariah Prima has implemented the optimal service for customers-customers who belong to upper class. This research was conducted by using the method of causal research with date in 2004 until 2007. Data analysis methods used in this study is the simple linear regression while the data collection technique used is the research literature and field research. From this research found that the development of Islamic savings fund at BNI Syariah prima Prima Jakarta since late last year to 2004 until the end of 2007 continued to increase in accordance with increasing levels of service fees provided by the Bank. Summary of the analysis model, can be concluded that these two variables have a positive direction of the relationship. In this case it can be said that the greater the cost of services will make Sharia Savings Prima tends to increase. Test hypotheses with t-test that have been received for alpha 5%, that mean are influence between the level of service to the Development Cost Savings Data Syariah Prima for period year 2004 until 2007. Key words : The greater the cost of services for maintenance customer will make Sharia Savings Prima tends to increase. Perkembangan perbankan syariah belakangan ini sangat menggembirakan, beragam bentuk produk perbankan dan layanan dikeluarkan dalam rangka menjaring nasabah. BNI Syariah menjawab tantangan ini dengan membuka dua cabang dengan layanan Prima di Jakarta dan Surabaya. BNI Syariah Prima didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang lebih baik, dengan menghadirkan layanan yang eksklusif dan lebih pribadi dengan dilayani oleh Financial Advisor yang memberikan solusi keuangan, advisory, discretionary dan brokerage sesuai kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan yang selama ini berlaku di BNI Syariah Prima terhadap biaya pelayanan nasabah berpengaruh kepada pencapaian dana tabungan syariah prima dan juga apakah BNI Syariah Prima telah menerapkan layanan yang optimal bagi nasabah-nasabahnya yang tergolong kelas atas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kausal dengan data tahun 2004 sampai 2007. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Dari penelitian ini ditemukan bahwa perkembangan dana tabungan Syariah Prima pada BNI Syariah Prima Jakarta sejak akhir tahun 2004 sampai dengan akhir tahun 2007 terus meningkat sesuai dengan bertambahnya tingkat biaya layanan yang diberikan oleh Bank. Dari analisa Model Summary dapat diambil kesimpulan bahwa kedua variabel tersebut memiliki arah hubungan yang positif. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar Biaya Layanan akan membuat Tabungan Syariah Prima cenderung meningkat. Uji hipotesa yang telah dilakukan dengan t-test menunjukan bahwa hipotesis diterima pada alpha 5%, yang berarti tingkat biaya layanan berpengaruh terhadap perkembangan dana Tabungan Syariah Prima BNI Syariah Jakarta untuk periode tahun 2004 sampai 2007. Kata Kunci : Semakin besar biaya Layanan yang dikeluarkan oleh bank untuk memaintenence nasabah maka perkembangan dana tabungan Syariah Prima juga akan terus meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 08 363
NIM/NIDN Creators: 43205110208
Uncontrolled Keywords: PENGARUH BIAYA LAYANAN PRIMA NASABAH TERHADAP PERKEMBANGAN DANA TABUNGAN SYARIAH PRIMA PADA PT BANK NEGARA INDONESIA CABANG SYARIAH PRIMA JAKARTA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Apr 2012 16:46
Last Modified: 30 Nov 2022 07:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item