FATIMAH, FATIMAH (2008) PERSEPSI PEGAWAI PADA PERAN HUMAS PEMPROV DKI JAKARTA DALAM MEMBENTUK REPUTASI ORGANISASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
4420401-006 Fatimah.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
Abstract
Bagi suatu organisasi pemerintahan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak serta kapabilitas yang tinggi seperti Pemprov DKI Jakarta, perlu adanya unit khusus yang menangani reputasi internal organisasi. Pada umumnya unit yang menangani reputasi organisasi baik internal maupun eksternal adalah Public Relations atau Humas. Pemprov DKI Jakarta merupakan badan pemerintahan yang mengatur wilayah DKI Jakarta, dan terletak di ibu kota negara. Karena posisinya yang terletak di ibu kota, maka diharapkan pemprov DKI Jakarta sebagai pilot projek bagi Pemda-Pemda lainnya yang ada di Indonesia. Masalah yang dihadapi oleh Pemprov DKI Jakarta itu tidak lepas dari peran Humas, yang mampu membantu dalam menghadapi segala persoalan yang berkaitan dengan Pemprov DKI Jakarta. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni Bagaimana Persepsi Pegawai Pada Peran Humas Pemrov DKI Jakarta dalam Membentuk Reputasi Organisasi. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Pegawai Pada Peran Humas Pemprov DKI Jakarta dalam Membentuk Reputasi Organisasi. Kerangka teori dari penelitian ini terdiri dari komunikasi yakni pengertian menurut teori Hovland, dan komunikasi organisasi. Kemudian ada beberapa teori tentang persepsi dan karyawan. Lalau beberapa definisi Humas, Humas pemerintah, tugas dan fungsi humas pemerintah, media internal humas, dan juga reputasi yang menggunakan teori K. Bhavani. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif, dengan metode penelitian survey. Populasi dan sampel penelitian ini adalah karyawan Pemrov DKI Jakarta yang berada di bawah sekretaris daerah yaitu sebanyak 98 orang dari 10 unit, dengan mekanisme penarikan sampel stratified random sampling dan data primer mengunakan kuesioner. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Persepsi karyawan terhadap peran humas dalam membentuk reputasi organisasi berperan atau dapat dikatakan positif. Ini berdasarkan hasil perhutingan Likert Skala Rating (LSR) dengan hasil skor 13249 yang berarti positif. Namun sebagai saran, humas harus menjalankan perannya sebagai expert presciber dan fasilitator pemecah masalah secara optimal serta perlu dikembangkan media internal khusunnya intranet agar penyampaian pesan ke semua unit tersebar secara efektif dan efisisen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 007 |
Call Number: | SK/08/077 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401-006 |
Uncontrolled Keywords: | peran humas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Jan 2009 15:22 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 03:47 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |