STRATEGI MEDIA RELATIONS GARUDA INDONESIA

NUFUS, HAYATHUN (2008) STRATEGI MEDIA RELATIONS GARUDA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
04202-038 Hayathun Nufus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Hayathun Nufus NIM : 04202-038 Judul : Strategi Media Relations Garuda Indonesia Tentang Kegiatan Public Relations Yang Dijalankan Dinas Corporate Communication Garuda Indonesia Dalam Penanganan kasus IKAGI. Bibliograf (1983-2005) Halaman xiv + 137 Halaman, 56 lampiran Perkembangan dunia Public Relations dewasa ini menuntut praktisi PR untuk berperan aktif dalam pemulihan citra dan juga untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di perusahaan (problem solving), termasuk menjaga hubungan baik antara karyawan, manajemen dan media. Media massa, karyawan dan masyarakat merupakan salah satu bagian dari publik internal dan eksternal yang perlu untuk diperhatikan. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Corporate Communication Garuda Indonesia ditujukan untuk membina hubungan baik dengan pihak internal dan eksternal dan juga untuk menciptakan image yang positif bagi perusahaan. Public Relations merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu organisasi/perusahaan dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah-masalah atau isu-isu manajemen. PR membantu manajemen dalam penyampaian informasi dan tanggap terhadap opini publik. PR secara efektif membantu manajemen memantau berbagai perubahan. Penulis menggunakan metodologi deskriptif yang hanya ingin memberikan gambaran atau memaparkan kegiatan atau strategi komunikasi yang dilakukan Garuda Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui metode wawancara dan studi dokumentasiAnalisa data deskriptif yang sifatnya dapat diukur yaitu dalam bentuk kasus-kasus dan pendapat-pendapat, sehingga tidak memerlukan penulisan angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media relations Garuda Indonesia telah berhasil menciptakan dan membina hubungan baik dengan media massa dengan berkesinambungan, serta membuktikan kredibilitas Humas perusahaan sebagai supporting unit yang bermanfaat bagi perusahaan. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian menyangkut tentang penambahan jumlah karyawan sehingga dapat lebih mengoptimalkan kinerja humas perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 025
Call Number: SK/08/057 NUF s
NIM/NIDN Creators: 04202-038
Uncontrolled Keywords: MEDIA RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 May 2008 11:21
Last Modified: 19 Apr 2025 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27129

Actions (login required)

View Item View Item