ASMORO, KUSUMA DEWI (2008) STRATEGI PUBLIC RELATIONS HOTEL KARTIKA CHANDRA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN ORGANISASI MEDIA CETAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
04203-048 Kusuma Dewi Asmoro.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Industri pariwisata merupakan suatu industri yang paling erat hubungannya dengan perhotelan. Semakin banyaknya bisnis perhotelan yang muncul, persaingan dikancah bisnis perhotelan semakin ketat. Hal inilah yang memunculkan sebuah strategi guna menghadapi persaingan tersebut. Strategi tersebut biasanya terdiri atas sebuah strategi jangka pendek dan jangka panjang yang tentunya mengacu kepada visi dan misi perusahaan, serta strategi tersebut diimplementasikan ke dalam sebuah aktivitas Public Relations. Salah satu yang mengimplementasikan strategi tersebut adalah Hotel Kartika Chandra, dimana Public Relations Hotel Kartika Chandra mengimplementasikannya ke dalam sebuah aktivitas media relations dalam menjalin hubungan baik dengan organisasi media cetak. Strategi Public Relations adalah alternative optimal yang ditempuh guna mencapai tujuan Public Relations dalam kerangka suatu rencana Public Relations. Alternatif optimal dimaksudkan sebuah jalan keluar yang selalu tertuju kepada visi dan misi perusahan guna mencapai tujuab perusahan. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi Public Relations Hotel Kartika Chandra melalui aktivitas media relations dalam menjalin hubungan baik dengan organisasi media cetak diantaranya TEMPO, SUARA PEMBAHARUAN, dan WARTAKOTA selama 1 periode tahun 2007 November-2008 Januari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (studi kasus). Dan tipe penelitian ini adalah deskriptif, dengan teknik pengumpulan data primer yang didapat dengan wawancara terstruktur serta data sekunder yang didapat melalui data dari tempat penelitian. Yang menjadi narasumber diantaranya PR Manager dan Marketing Manager Hotel Kartika Chandra, serta 3 orang wartawan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dan diolah, dapat diketahui bahwa strategi PR Hotel Kartika Chandra dalam menjalin hubungan baik dengan organisasi media cetak melalui aktivitas Media Relations dengan melakukan langkah-langkah optimal dari seuah strategi. Aktivitas Media Relations tersebut diantaranya media gathering, media visiting, press conference, dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 015 |
Call Number: | SK/08/059 ASM s |
NIM/NIDN Creators: | 04203-048 |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA CETAK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 May 2008 11:08 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 03:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |