NINGSIH, FATIMAH MAULA (2008) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DIVISI KOMUNIKASI KORPORAT DALAM MENYOSIALISASIKAN BUDAYA KINERJA (PERFOMANCE CULTURE) TERHADAP KARYAWAN DI PT PERTAMINA (PERSERO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
04203-061 Fatimah Maula Ningsih.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Fatimah Maula Ningsih Efektivitas Komunikasi Divisi Komunikasi Korporat dalam Menyosialisasikan budaya kinerja (Perfomance Culture) terhadap karyawan di PT Pertamina (Persero) ix + 110 + 37 Lampiran Bibliografi : 29 acuan Bagi perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak serta kapabilitas organisasi yang tinggi seperti Pertamina, perlu adanya divisi khusus yang menangani sosialisasi kebijakan perusahaan seperti budaya perusahaan. Pada umumnya divisi yang menangani sosialisasi ke internal dilakukan oleh Public Relations atau Corporate Communication. Salah satu yang melatarbelakangi perubahan Pertamina adalah citra buruk Pertamina di mata masyarakat. Perubahan Pertamina terletak pada dua tema, yaitu tema fundamental dan tema bisnis. Pada perubahan budaya kinerja (perfomance culture) termasuk dalam tema fundamental. Tujuan budaya kinerja adalah untuk membentuk budaya yang dapat mendukung kearah perbaikan kinerja perusahaan, contohnya adalah mengenai rapat yang efektif, dan mengatasi masalah dengan realistis dan solusi konkret, dan hal lain yang menunjang operasional sehari-hari. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni bagaimanakah efektivitas Komunikasi divisi Komunikasi Korporat dalam menyosialisasikan budaya kinerja (performance culture) terhadap karyawan di PT Pertamina (Persero). Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Sejauhmana Efektivitas Komunikasi divisi Komunikasi Korporat dalam menyosialisasikan budaya kinerja (performance culture) terhadap karyawan PT Pertamina (Persero). Kerangka teori dari penelitian ini terdiri dari komunikasi, dan komunikasi organisasi. Kemudian mengenai Public Relations, PR Internal, Humas Pemerintahan, Corporate Communication. Selain itu juga ada konsep mengenai efektivitas komunikasi dengan menggunakan model hierarkhi efek. Konsep selanjutnya mengenai sosialisasi, dan budaya kinerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey, sifat penelitiannya kuantitatif dan tipe penelitian evaluatif. Analisa data menggunakan codeing sheet, lalu dengan rumus Likert Summating Rating. Hasil dari keseluruhan penelitian sudah cukup efektif. Namun sebagai saran, perlu ditambahkan media internal sebagai alat sosialisasi agar pesan budaya kinerja yang disampaikan dapat diterima merata oleh seluruh karyawan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 021 |
Call Number: | SK/08/069 NIN e |
NIM/NIDN Creators: | 04203-061 |
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASO KORPORATE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 08 May 2008 14:25 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 03:02 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |