PROSES KEGIATAN MEDIA MONITORING SEBAGAI BAGIAN DALAM PEMBENTUKAN REPUTASI PT INDOSAT, TBK PADA ISU DIVESTASI INDOSAT BULAN DESEMBER 2002

KURNIAWAN, YAN (2008) PROSES KEGIATAN MEDIA MONITORING SEBAGAI BAGIAN DALAM PEMBENTUKAN REPUTASI PT INDOSAT, TBK PADA ISU DIVESTASI INDOSAT BULAN DESEMBER 2002. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
04203-058 Yan Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)

Abstract

ABSTRAKSI Yan Kurniawan (04203-058) Proses Kegiatan Media Monitoring sebagai Bagian dalam Pembentukan Reputasi PT Indosat, Tbk pada Isu Divestasi Indosat Bulan Desember 2002 vii + 90 halaman + 11 lampiran Bibliografi 33 acuan (1977-2007) Media monitoring merupakan salah satu bagian dari pekerjaan Public Relations untuk memantau dan menganalisa pemberitaan di media massa perihal organisasi. Isuisu yang berkembang bisa setiap saat mengancam reputasi organisasi. Oleh karena itu, kegiatan media monitoring bertujuan untuk menganalisa pemberitaan yang berkaitan dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat umum. Dengan demikian, Public Relations dapat menentukan langkah atau kebijakan selanjutnya yang baik bagi perusahaan agar terhindar dari krisis yang mengancam reputasi perusahaan. Reputasi itu sendiri berarti intangible asset, aset yang abstrak bagi perusahaan namun besar pengaruhnya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Reputasi yang baik dapat meningkatkan segala aspek yang menguntungkan bagi perusahaan, sebaliknya reputasi yang buruk dapat menyebabkan kehancuran bagi perusahaan, Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan media monitoring di PT Indosat, Tbk sebagai bagian dari pembentukan reputasi perusahaan pada isu divestasi Indosat bulan Desember 2002. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan metode studi kasus. Kerangka Penelitian ini adalah pengertian komunikasi, pengertian Public Relations, kegiatan media relations, kegiatan media monitoring, pengertian reputasi, serta pengertian manajemen reputasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dan diolah, dapat diketahui bahwa proses kegiatan media monitoring meliputi prakondisi, memilih berita, kliping, meringkas berita, menganalisa, dan memberikan laporan serta pandangan kepada Board of Commissioners dan Board of Directors. Proses kegiatan tersebut pada saat terjadinya isu divestasi tahun 2002 menjadi lebih intens karena berita di media massa saat itu sangat menyudutkan PT Indosat, Tbk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 005
Call Number: SK/08/081 KUR p
NIM/NIDN Creators: 04203-058
Uncontrolled Keywords: MEDIA MONITORING
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 May 2008 10:05
Last Modified: 19 Apr 2025 03:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item View Item