EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF SINETRON CINTA FITRI DI SCTV TERHADAP REMAJA (SURVEY PADA REMAJA PESERTA AUDISI DI RTV PRODUCTION, BEKASI TIMUR)

ZUBIR, JOHAN ARIFIN (2008) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF SINETRON CINTA FITRI DI SCTV TERHADAP REMAJA (SURVEY PADA REMAJA PESERTA AUDISI DI RTV PRODUCTION, BEKASI TIMUR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
4410412-028 Johan Arifin Zubir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Abstraksi Media televisi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri kalau manusia pasti membutuhkan hiburan dalam hidupnya. Kebutuhan akan hiburan mendorong tumbuhnya media hiburan Televisi adalah hiburan gratis. Secara umum, sebagian besar masyarakat lebih banyak meluangkan waktu untuk menonton televisi daripada kegiatan lain. Terutama usia remaja. Diantara banyaknya program acara yang ditampilkan oleh stasiun televisi, sinetron (sinema elektronika) merupakan program yang banyak ditampilkan oleh televisi swasta. Belakangan ini trend sinetron dengan tema remaja hampir mewabah dan hampir merajai rating dan share di televisi, salah satunya adalah sinetron Cinta Fitri yang ditayangkan SCTV setiap hari. Menurut data dari AC Nielsen, pada akhir tahun 2007 sinetron Cinta Fitri menempati posisi teratas Top 200 program. Hal lain yang menarik adalah penonton sinetron Cinta Fitri didominasi oleh remaja berdasarkan data dari AC Nielsen juga. Penulisan skripsi ini bertujuan ingin mengetahui Efek Kognitif dan Afektif dari sinetron Cinta fitri terhadap remaja. Teori yang digunakan pada penelitian ini teori komunikasi dari Comstock yang membuat model komunikasi untuk mengungkapkan tentang pengaruh televisi (TV) terhadap tingkah laku seseorang. Kemudian dikuatkan lagi model komunikasi dari DeFluer yang menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima (receiver) sebagai akibat dari komunikasi terutama dari media massa yang mempunyai pengaruh langsung kepada khalayaknya Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan subjek penelitiannya adalah remaja peserta casting di RTF Production, Bekasi Timur, sebanyak 87 responden. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah sinetron Cinta Fitri mempunyai Efek Kognitif terhadap responden, yaitu kemampuan responden untuk menyerap sinetron di televisi melahirkan pengetahuan bagi responden sehingga responden mengetahui jadwal tayang sinetron, nama para pemain sinetron, jalan cerita sampai lagu yang dijadikan soundtrack dari sinetron Cinta Fitri. Dari pengetahuan responden ini melahirkan pemahaman akan jalan cerita. Pada Efek Afektif, responden dihadapkan pada trend actual yang ditayangkan televisi yaitu tentang percintaan remaja. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar responden menyukai segala hal yang ditawarkan oleh sinetron Cinta Fitri yaitu jalan cerita dan tema permasalahan yang diangkat mengenai percintaan remaja. Lalu para responden pun menyetujui apa yang ditayangkan dalam sinetron Cinta Fitri karena tema ceritanya actual dan sesuai dengan apa yang dialami oleh responden, yang sebagian besar adalah remaja, sesuai dengan trend gaya hidup sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 006
Call Number: SK/08/85 ARI e
NIM/NIDN Creators: 4410412-028
Uncontrolled Keywords: SINETRON
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 May 2008 15:57
Last Modified: 15 Apr 2025 04:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item