CAHYANI, WULANDARI DWI (2008) STARTEGI PROGRAM MUSIK MADE IN INDONESIA DI GLOBAL TV PERIODE AGUSTUS 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
04103-030 Wulandari Dwi Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Televisi memiliki peranan yang cukup penting karena televisi mampu mempengaruhi persepsi khalayak. Pihak stasiun televisi harus mampu menyajikan tayangan yang menarik bagi pemirsanya, tayangan-tayangan tersebut dihasilkan oleh orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dan inovatif. Perkembangan musik yang kian pesat dengan banyak bermunculan berbagai jenis aliran musik, ditambah dengan belum adanya wadah yang bisa menampung hasil kreatifitas mereka, menjadi latar belakang program Made In Indonesia. Karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa yang diterapkan oleh Program Acara Made In Indonesia. Dan periode yang digunakan adalah bulan Agustus 2007. Strategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapai hasil yang optimal. Strategi adalah perencanaan (planning) dalam manajemen untuk mencapai suatu tujuan, namun untuk mencapai tujuan tersebut strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah saja, melainkan harus mampu menunjukan bagaimana taktik operasionalnya. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawan/evaluasi (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yakni memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari team produksi Made In Indonesia. Hasil penelitiannya adalah acara Made In Indonesia, menggunakan strategi rundown dan strategi program pendahuluan kuat (strong lead-in) dalam menayangkan Made In Indonesia. Beberapa target tercapai seperti target audien dan target spot iklan sedangkan rating pada bulan Agustus tidak mendapatkan yang terbaik. Harapan juga diberikan untuk perbaikan-perbaikan yang bisa dilakukan oleh Made In Indonesia dalam menayangkan acaranya dan menjadi bahan referensi untuk para pembaca karya ilmiah ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/JR. 08 017 |
Call Number: | SK/08/050 DWI s |
NIM/NIDN Creators: | 04103-030 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PROGRAM MUSIK |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 14 Apr 2008 13:41 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |