KURNIASIH, SYLVIA (2008) PROFESIONALISME BIRO HUMAS BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK-RI) DALAM LAYANAN INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
04202-085 Sylvia Kurniasih.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Peran profesi Humas dalam suatu instansi atau lembaga sangat dibutuhkan dalam menjembatani kepentingan berbagai pihak karena Humas sebagai mediator penyampai informasi dari publik internal ke publik eksternal dengan memberikan gambaran yang jelas mengenai kebijakan instansi kepada publik. Kondisi tersebut mengharuskan setiap aparat kehumasan untuk mengembangkan kemampuan kerja secara profesional. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi dengan mewujudkan lembaga yang bersih dan transparan, yang berkaitan erat dengan pengembangan citra positif instansi atau lembaga guna memperoleh simpati dan dukungan publik. Biro Humas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) harus dapat mencerminkan profil instansi yang diwakilnya dalam bersikap, berpenampilan yang positif, berorientasi kemasa depan, dan dapat mengkomunikasikan dirinya terhadap berbagai pihak yang terkait, baik langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam mengembangkan studi dan strategi yang sesuai dengan profesinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme Biro Humas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) dalam layanan informasi publik. Teori Cultip, Center, and Broom yang digunakan adalah sikap yang memenuhi kriteria profesional yaitu skill, knowledge, abilities, qualities, and attitude. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai lima orang nara sumber serta observasi langsung untuk memperoleh data sekunder mengenai profesionalisme Biro Humas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) dalam layanan informasi publik. Setelah melakukan wawancara dengan nara sumber, hasil penelitian, dan analisa diketahui bahwa profesionalisme Biro Humas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) dalam layanan informasi publik harus lebih ditingkatkan lagi dalam menunjukan hasil kerjanya yang berkaitan dengan keunggulan mutu jasa dan pengembangan profesinya. Untuk itu Biro Humas secara bertahap dan terus menerus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dalam memberikan layanan informasi kepada publik dengan mengadakan sosialisasi, riset opini, media massa, promosi, publikasi, hubungan kelembagaan, dan penyelanggaran event-event, tujuannya adalah memperoleh dukungan publik dan menunjang keberhasilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) dalam menjalankan tugas dan fungsinya semua itu dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitasnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 009 |
Call Number: | SK/08/036 KUR p |
NIM/NIDN Creators: | 04202-085 |
Uncontrolled Keywords: | BIRO |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 14 Apr 2008 13:29 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 03:40 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |