STRATEGI KAMPANYE PEMBERANTASAN ILLEGAL LOGGING OLEH PUSAT INFORMASI DEPARTEMEN KEHUTANAN PERIODE 2005 DAN 2006

SETIAWATI, NURMASTUTI WERDINI (2008) STRATEGI KAMPANYE PEMBERANTASAN ILLEGAL LOGGING OLEH PUSAT INFORMASI DEPARTEMEN KEHUTANAN PERIODE 2005 DAN 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
4420401-076 Nurmastuti Werdini Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Nurmastuti Werdini Setiawati (4420401-076) STRATEGI KAMPANYE PEMBERANTASAN ILLEGAL LOGGING OLEH PUSAT INFORMASI DEPARTEMEN KEHUTANAN PERIODE 2005 DAN 2006 xiii hal + 102 Halaman ; 14 Lampiran Bibliografi 30 Acuan (Tahun 2000 s.d 2007) Public Relations dalam suatu organisasi/ instansi/ lembaga merupakan suatu bagian penting yang menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan melalui kegiatan komunikasi timbal balik, guna mendapat dukungan dari khalayaknya dan mempertahankan citra organisasi/ instansi/ lembaga tersebut. Setiap usaha yang dilakukan untuk mendapat dukungan dari khalayak dapat diperoleh melalui suatu penetapan strategi kampanye yang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh praktisi Public Relations. Public Relations diharapkan mampu menyampaikan informasi tentang apa yang telah diupayakan oleh organisasi/ instansi/ lembaga. Hal inilah yang dilakukan oleh Pusat Informasi Departemen Kehutanan sebagai instansi Public Relations guna menyukseskan program Departemen Kehutanan yaitu Pemberantasan Pencurian Kayu dan Perdagangan Kayu Ilegal, melalui Kampanye Pemberantasan Illegal Logging. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ”Bagaimana Strategi Kampanye Pemberantasan Illegal Logging yang dilakukan oleh Pusat Informasi Departemen Kehutanan periode 2005 dan 2006.” Konsep yang dijelaskan yaitu mengacu pada strategi perencanaan kampanye Public Relations yang terdiri dari analisa masalah, tujuan kampanye, pesan kampanye, identifikasi dan segmentasi sasaran, strategi dan taktik, alokasi waktu dan sumber daya serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode studi kasus dan teknik analisa data triangulasi. Data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil wawancara dengan narasumber dan data sekunder yaitu dokumen tertulis yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian yang telah didapat, bahwa strategi yang dilakukan oleh Pusat Informasi Departemen Kehutanan periode 2005 dan 2006 menggunakan Strategy of Publicity, Strategy of Argumentation dan Strategy of Image. Kata Kunci: STRATEGI, KAMPANYE, ILLEGAL LOGGING

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 010
Call Number: SK/08/012 NUR s
NIM/NIDN Creators: 4420401-076
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 10:57
Last Modified: 19 Apr 2025 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item