Pendekatan metode peramalan untuk mengetahui permintaan kaca bening (INDOFLOT) FL dan kaca warna (PANASAP) DGFL dengan ukuran 60*48 Inchi ketebalan 5 MM di PT.Asahimas flat Glass tbk

Hardiawan, Arfi (2009) Pendekatan metode peramalan untuk mengetahui permintaan kaca bening (INDOFLOT) FL dan kaca warna (PANASAP) DGFL dengan ukuran 60*48 Inchi ketebalan 5 MM di PT.Asahimas flat Glass tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
01603-001 Arfi Hardiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)

Abstract

ABSTRAK PT. Asahimas Flat Glass Tbk, adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang kaca dalam bentuk produk jadi, seperti Kaca Flat Glass. Saat ini, tuntutan untuk kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif, dan pengiriman tepat waktu adalah hal yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha untuk tetap menjaga kepercayaan konsumen. Berkaitan dengan kondisi di atas, diperlukan sebuah peramalan kebutuhan permintaan yang sesuai dalam mendukung kelancaran proses produksi. Untuk itu penulis mencoba membuat penelitian tentang metode peramalan permintaan. Untuk kaca bening (indoflot) FL ukuran 60 x 48 inchi ketebalan 5 mm, peramalan metode Dekomposisi Additive lebih cocok digunakan, karena mempunyai nilai-nilai alat ukur peramalan yang lebih kecil dibandingkan lainnya, seperti nilai MAD, MSE, dan MAPE. Untuk kaca warna (panasap) DGFL ukuran 60 x 48 inchi ketebalan 5 mm, peramalan metode Dekomposisi Multiplikative, lebih cocok digunakan, karena mempunyai nilai-nilai alat ukur peramalan yang lebih kecil dibandingkan lainnya, seperti nilai MAD, MSE, dan MAPE. Peramalan ini sifatnya tidak bisa dihitung secara matematis dan historis, karena sifatnya yang tiba-tiba muncul, seperti, hasil penelitian pasar, dan hasil negosiasi top manajemen. Pada umumnya, peramalan ini muncul untuk kebutuhan 1 – 2 bulan ke depan secara tiba-tiba. Katakunci : Kaca Bening (Indoflot) FL, Kaca Warna (Panasap), Peramalan Metode Winter Multiplikative, Winter Additive, Dekomposisi Multiplikative dan Dekomposisi Additive.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 09 079
Call Number: STI/09/360
NIM/NIDN Creators: 01603-001
Uncontrolled Keywords: metode peramalan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Jul 2009 13:31
Last Modified: 07 Dec 2022 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26909

Actions (login required)

View Item View Item