MODEL SISTEM MONITORING DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PADA PT. GUNANUSA UTAMA FABRICATORS

MUJIONO, RAHADI (2009) MODEL SISTEM MONITORING DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PADA PT. GUNANUSA UTAMA FABRICATORS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Full Tesis)
Rahadi_Model Sistem Monitoring dalam Penerapan Sistem Manajemen di PT Gunanusa Utama Fabricators2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Untuk memenangkan persaingan dalam era globalisasi, dunia bisnis dituntut untuk senantiasa meningkatkan produktifitas dan efisiensi di setiap unit proses bisnisnya. Di lain hal para pemberi kerja atau konsumen senantiasa meningkatkan persyaratan produk yang diinginkan, demikian pula untuk perusahaan yang berbasis proyek para pihak yang berkepentingan menuntut pelayanan yang memuaskan di bidang manajemen dari perusahaan yang diberikan proyek dalam menyelesaikan proyeknya dan tidak jarang melakukan audit baik pada fase tender maupun fase konstruksi. Menyadari hal tersebut PT Gunanusa Utama Fabricatiors perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan proyek fasilitas minyak dan gas telah melengkapi proses bisnisnya dengan berbagai sistem manajemen formal diantarannya ISO 9001:2000, ISO 14001:2004, OHSAS 1801:2007 dan SMK3, maupun program- program penunjang lainnya seperti 5S, ERP-AXAPTA dan lain sebagainya. Dari sekian banyak sistem yang diterapkan harus berjalan dengan baik dan bersinergi, harus selalu siap diaudit, selalu dapat diketahui kadar penerapan semua sistem tersebut sehingga dapat segera diambil keputusan yang diperlukan bila terjadi kemandekan maupun dapat diantisipasi sebelum terjadinya hal tersebut. Karya akhir ini dikembangkan dengan menganalisis persyaratan sistem manajemen formal dan Standar Operating Procedures (SOP) yang diterapakan oleh Gunanusa dan berkonsentrasi pada pengembangan sebuah tools model monitoring untuk bisa mendapatkan tingkat penerapan sistem-sistem manajemen yang ada di PT Gunanusa Utama Fabricators. Hasil perancangan model berupa kartu monitor yang berisi hasil pengukuran parameter-parameter penting yang diperlukan dalam setiap penerapan sistem manajemen formal maupun program lainnya. Beberapa manfaat hasil rancangan kartu monitor dapat juga berfungsi sebagai informasi bagi seluruh karyawan, pertanggungjawaban manajer departemen, pengambilan keputusan bagi manajemen puncak, bagian dari kompetensi departemen maupun manajer departemen, dasar pemberian penghargaan dan sangsi, dasar konsultasi untuk perbaikan, dasar pendukung penilaian atau promosi karyawan, identifikasi kepuasan karyawan maupun stakeholder lainnya dan sebagai dasar peningkatan terus menerus. Simulasi pada tiga bulan pertama dapat dinyatakan bahwa penerapan sistem manajemen secara menyeluruh baru mencapai 53,1% dengan kategori kurang (poor). Pada salah satu departemen yaitu departemen Marketing menunjukkan nilai 62,8% yang berarti dalam kategori cukup. Melihat kompleksnya penerapan sistem-sistem yang ada di PT. Gunanusa Utama Fabricators saat ini, maka jika sungguh-sungguh dapat menggunakan tools berupa kartu monitor maka banyak manfaat yang dapat diambil. Diharapkan hal ini dapat memenuhi keinginan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya menjadi perusahaan kelas dunia (World Class Company).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-139
NIM/NIDN Creators: 55105120044
Uncontrolled Keywords: mpo, manajemen operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Jul 2012 17:07
Last Modified: 14 Jul 2022 07:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item