Nugraha, Alfi (2009) ANALISIS KUALITAS JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text (Bab 1-6)
bab.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
Abstract
Pertumbuhan cabang yang sedemikian cepat tentu membawa dampak terhadap pertumbuhan bisnis Primagama secara nasional, akan tetapi pertumbuhan yang sedemikian cepat yang tidak dibarengi perbaikan sistem manajemen yang baik dapat menyebabkan kualitas layanan terhadap konsumen menurun. Dengan banyaknya cabang dan luasnya area yang harus ditangani membuat sistem kontrol terhadap kualitas layanan di masing-masing cabang menjadi semakin sulit untuk dilakukan. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap pertumbuhan Primagama secara bisnis karena kualitas layanan yang menurun di masing-masing cabang tentu akan mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Primagama, dan tentu menurunnya tingkat pembelian atau jumlah siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka judul penelitian ini adalah “Analisis Kualitas Jasa Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama.” Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana kualitas jasa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama dilihat dari aspek Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati dan Berwujud dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Objek penelitian mengambil tempat di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama cabang Perumnas Tangerang. Didalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel terikatnya adalah Kepuasan konsumen (Y). Variabel bebasnya adalah Keandalan (X1), Daya tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) dan Berwujud (X5). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik penarikan sampel dengan pertimbangan tertentu, dimana konsumen yang dijadikan sampel minimal sudah 6 (enam) bulan menggunakan jasa Lembaga Bimbingan Belajar Primagama, dan merupakan siswa-siswi SMP dan SMA. Sedangkan total populasi yang dijadikan sampel sebesar 105 siswa. Untuk memastikan hubungan atau pengaruh diantara kedua variabel tersebut, digunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapatkan nilai F hitung adalah 46,954 (F hitung) > nilai F tabel (3,093), dan dengan p- value (sig.) = 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa variabel bebas (X) yaitu dimensi kualitas jasa secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (Y) yaitu Kepuasan konsumen. Dari hasil R2 ditemukan nilai 0,703, membuktikan bahwa sebesar 70,3 % meningkatnya Kepuasan konsumen (variabel terikat-Y) dipengaruhi oleh dimensi kualitas jasa (variabel bebas-X), sedangkan 29,7 % dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dari hasil koefisien t hitung yang ada ternyata variabel Daya tanggap diperoleh nilai t hitung sebesar 3,826 (t hitung) > nilai t tabel (1,986) dan p-value (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga mempunyai nilai t-hitung yang paling besar jika dibandingkan dengan nilai t hitung variabel lainnya. Sehingga variabel daya tanggap memiliki pengaruh dominan terhadap meningkatnya Kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-09-112 |
Call Number: | TM/10/116 |
NIM/NIDN Creators: | 55107110133 |
Uncontrolled Keywords: | RISET BISNIS, mps, manajemen pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 27 May 2010 15:09 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:03 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26859 |
Actions (login required)
View Item |