ANALISIS KINERJA KREDIT MIKRO DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFIT MARGIN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk.

Khumaini, Royyan (2009) ANALISIS KINERJA KREDIT MIKRO DAN PENGARUHNYA TERHADAP PROFIT MARGIN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
Bab 1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Dengan kehadiran lembaga keuangan mikro seperti BRI Unit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., maka pelayanan fasilitas kredit mikro merupakan motor penggerak untuk meningkatkan roda perekonomian di kawasan pedesaan maupun perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kredit mikro dilihat dari jumlah kredit, jumlah debitur dan kolektibilitas (variabel independen) serta pengaruhnya terhadap profit margin (variabel dependen). Obyek penelitian adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., dengan menggunakan metode dasar deskriptif, analisis melalui data sekunder dengan laporan publikasi triwulanan dari tahun 2002 sampai tahun 2006 dan dianalisis menggunakan metode regresi. Kinerja kredit mikro menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun dikarenakan adanya upaya penyelematan dini kredit bermasalah, penyaluran fasilitas kredit baru dan pengembangan produk-produk pinjaman baru. Dari ketiga variabel independen, jumlah kredit dan jumlah kolektibilitas berpengaruh positif terhadap profit margin. Semakin banyak kredit mikro yang disalurkan dan semakin bagus kolektibilitas kredit, maka profit margin yang dihasilkan akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-031
Call Number: TM/10/106
NIM/NIDN Creators: 55105110038
Uncontrolled Keywords: KINERJA, mku, manajemen keuangan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Feb 2010 12:02
Last Modified: 13 Jul 2022 03:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26846

Actions (login required)

View Item View Item