ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN JASA KERETA REL LISTRIK (KRL) BOGOR-JAKARTA

Prasetyo, Achmad (2009) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN JASA KERETA REL LISTRIK (KRL) BOGOR-JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (Bab 1-6)
bab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)

Abstract

Angkutan KRL adalah salah satu alternatif angkutan bagi mereka yang tinggal di pinggiran Jakarta dan menjadi angkutan favorit karena cepat dan murah. Namun kenyataannya tidak seperti yang diharapkan, misalnya jumlah penumpang yang melebihi kapasitas maupun kecelakaan yang semakin meningkat. Dari segi kualitas pelayananpun dirasakan masih jauh dari harapan. Berdasarkan permasalahan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan agar dapat meningkatkan kepuasan penumpang KRL. Dalam penelitian ini, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik dua tahap berstrata dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden yang berumur 15 tahun ke atas pada hari sibuk maupun libur. Adapun analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Harapan dan Kinerja, Analisis Varians, Analisis Hubungan dan Analisis Regresi Logistik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa KRL lebih didominasi penumpang berumur 20 sampai 35 tahun, dengan tingkat pendidikan tertinggi SMA dan memiliki alasan karena murah, cepat dan aman. Kemudian atribut atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki adalah kenyamanan ruangan dalam KRL; ketertiban dan kebersihan stasiun; ketepatan jadual keberangkatan/ kedatangan; dan sebagainya. Selanjutnya, rata-rata kinerja untuk KRL Ekonomi kurang puas, sedangkan untuk KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres cenderung puas. Untuk itu, PT. KAI Divisi Jabotabek agar terus berusaha memperbaiki tingkat pelayanan jasa yang diberikan agar kepuasan konsumen dapat dipenuhi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-099
Call Number: TM/10/101
NIM/NIDN Creators: 55107110004
Uncontrolled Keywords: RISET BISNIS, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Feb 2010 11:29
Last Modified: 13 Jul 2022 07:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26842

Actions (login required)

View Item View Item