PENGARUH MULTIPLE SPARK PADA MOTOR BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG

WAHYUDI, WAWANG TRI (2009) PENGARUH MULTIPLE SPARK PADA MOTOR BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Isi_cover_160957345684.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB I)
Isi1943540693677.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3983780895404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4758984299803.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB V)
Isi5324226562073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Isi_pustaka808273261141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Populasi kendaraan bermotor yang semakin meningkat secara otomatis akan meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak atau gas bumi yang akan mencemari udara di dunia. Dengan tidak adanya suatu peraturan yang tegas mengenai emisi gas buang dan partisipasi dari produsen kendaraan di Indonesia, maka pencemaran udara akan semakin meningkat pula sehingga akan meningkatkan pemanasan (Global Warming) yang kedepannya akan merusak bumi secara perlahan dan pasti.. Dalam rumusan ini akan dibahas mengenai penelitian dan pengambilan data dari kendaraan roda 4 dengan engine bensin 4 tak DOHC buatan Jepang dengan merk Mazda Astina 1.8 ,kemudian akan dipasangkan suatu alat (device) pengatur pengapian pada kendaraan tersebut, dan penulis akan melakukan juga uji emisi, beserta menganalisa reaksi kimia yang terjadi, perhitungannya sehingga nantinya dapat diperoleh kesimpulan apakah ada pengaruh pada kendaraan roda empat tersebut apabila menggunakan (device) multiple spark terhadap emisi gas buangnya. Pengolahan data untuk membandingkan hasil gas analyzer antara penggunaan system Single Spark dan Multiple Spark dengan sudut pengapian 8°.10° dan 12°. Sebagai pembanding juga diambil data dengan kondisi standart dan dengan menggunakan Device (Speed Spark). Dari data tersebut akan dianalisa berdasarkan sudut pengapian yang digunakan pada berbagai kondisi terhadap emisi gas buang yang dihasilkan. Dari Hasil eksperimen dan penelitian langsung maka didapat hasil a. Pada sudut 8o terjadi penurunan kadar CO pada kondisi singler spark dari 1,92 menjadi 0,59 pada saat dipasang multiple spark. Begitu pula pada saat sudut pegapian dinaikkan menjadi 10 o dan 12 o terjadi juga penurunan kadar CO b. Pada pengujian didapat rata-rata terjadi kenaikan kadar CO2 setelah dipasang device Multiple Spark. c. Pada sudut 10o sempat terjadi penurunan kadar O2 pada kondisi singler spark dari 1,90 menjadi 1,31 pada saat dipasang multiple spark, tetapi terjadi kenaikan lagi pada saat sudut pengapian dirubah menjadi 12o dari 1,39 menjadi 1,65 d. Kadar HC rata-rata terjadi setelah dipasang Multiple Spark terjadi penurunan kadar dari 252 menjadi 195. Kesimpulan Terbukti dari hasil pengujian dengan menggunakan Multiple Spark terjadi kenaikan CO2 dan penurunan CO, yang mengindikasikan pembakaran menjadi semakin ramah bagi lingkungan. Adanya kenaikan nilai lamda lebih dari satu yang berarti terjadinya pengiritan bahan bakar sehingga mendukung program pemerintah untuk menyelamatkan udara Indonesia dan menciptakan lingkungan yang sehat Kata Kunci :Multiple, Spark, Emisi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 085
Call Number: STI/09/303
NIM/NIDN Creators: 41306120036
Uncontrolled Keywords: multiple spark
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Jul 2009 11:33
Last Modified: 29 Apr 2025 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26669

Actions (login required)

View Item View Item