ROBANI, ROBANI (2009) PENGARUH PEMBEBANAN PADA SISTEM PENGISIAN TERHADAP TEGANGAN OUT PUT ALTERNATOR DAN PUTARAN MESIN (MOBIL SUZUKI KATANA GX 1000 CC TH.2002). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Isi_cover_382035908145.pd.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_358836989076.pd.pdf Download (83kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
Abstract
Setiap mesin mobil selalu membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya. Sebagai sumber listrik adalah battery tetapi battery tidak mampu mensuply arus terus –menerus, oleh karena itu sebuah mobil dilengkapi dengan sistem pengisian. Dalam dunia otomotif konsumen sering memodifikasi mobilnya, baik dari segi mesin maupun accesories mobil. Apabila seorang konsumen ingin memodifikasi mobil dengan alat yang membutuhkan tenaga listrik, maka ini akan berpengaruh terhadap suplay listrik yang dihasilkan. Dari uraian di atas maka perlu diadakan sebuah penelitian tentang kemampuan alternator agar sesuai dengan kebutuhan suatu mobil, sehingga diketahui tegangan yang keluar dari alternator apabila alternator tersebut dibebani dengan daya tertentu, oleh karena itu peneliti mengambil judul ”Pengaruh Pembebanan pada Sistem Pengisian Terhadap Tegangan Output Alternator dan Putaran Mesin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembebanan pada sistem pengisian terhadap tegangan out put alternator dan putaran mesin. Alat dan bahan yang digunakan adalah Mesin 4 langkah 4 silinder Suzuki Katana GX dan Panel pembebanan . Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen yaitu melakukan pengujian terhadap objek untuk menghasilkan data. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif yaitu mengamati langsung hasil penelitian kemudian membandingkan data yang diperoleh yaitu tegangan output yang dihasilkan oleh alternator dan drop putaran mesin apabila dilakukan pembebanan yang berbeda, kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang paling baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap – tiap variasi pembebanan 110, 220, 330, dan 440 Watt terdapat perbedaan tegangan out put alternator dan drop putaran mesin antara putaran mesin 800, 1000, 2000, dan 3000 Rpm. Pada saat tanpa beban, tegangan out put tertinggi terjadi pada putaran 2000 Rpm (putaran sedang) sebesar 14.19 Volt dan tegangan out put terendah terjadi pada putaran 800 Rpm (putaran idle) sebesar 14,09 Volt . Sedangkan Tegangan out put tertinggi pada saat system pengisian diberi pembebanan 110, 220, 330, dan 440 Watt tetap terjadi pada putaran sedang yaitu 2000 Rpm, masing-masing sebesar 13,53 ; 12,92 ; 12,31 dan 11,63 Voltsaat diberi beban. Pada saat system pengisian diberi pembebanan menunjukkan adanya penurunan tegangan out put alternator. Pada variasi pembebanan lampu 110, 220, 330, dan 440 Watt saat putaran awal 800 Rpm terjadi penurunan tegangan out put masing-masing sebesar 6,3 % ; 12,6 % ; 13,6 % dan 20,7 %. Pada saat putaran 1000 Rpm terjadi penurunan tegangan out put masing-masing sebesar 4,5 % ; 10,1 % ; 13,1 % dan 19,9 %. Pada saat putaran 2000 Rpm terjadi penurunan tegangan out put masing-masing sebesar 4,7 % ; 9,0 % ; 13,2 % dan 18,0 %. Pada saat putaran 3000 Rpm terjadi penurunan tegangan out put masing-masing sebesar 4,7 % ; 9,1 % ; 13,3 % dan 18,0 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/MSN. 09 091 |
Call Number: | STI/09/372 |
NIM/NIDN Creators: | 41307110009 |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh pembebanan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 11:31 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |