INDRA, MUHAMAD TAUFAN CASA (2009) PENERAPAN METODE QFD DALAM MENENTUKAN PRIORITAS DAN TARGET KARAKTERISTIK TEKNIS PRODUK DAYPACK (PT.EIGERINDO MULTI PRODUK INDUSTRI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover lengkap.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
Abstract
Regular daypack merupakan suatu produk jenis ransel yang sering digunakan oleh masayarakat dalam melakukan pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu, produk regular daypack yang beredar dipasaran semakin berkembang, ditandai dengan banyaknya variasi-variasi produk yang ditawarkan pada konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang sangat bervariasi dan terus berkembang menunjukkan bahwa konsumen pada saat ini tidak puas pada produk regular daypack yang ada. Penelitian ini akan merancang dan mengembangkan produk regular daypack merek Eiger dengan menggunakan metode Quality Function Development (QFD). Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen yang sebenarnya, dilakukan observasi dan survei dengan menggunakan metode kuesioner. Perancangan kuesioner dalam penentuan atribut dilakukan berdasarkan 8 dimensi kualitas Garvin, yang terdiri dari : Durability, Reliability, Preceived Quality, Aesthetic, Service Ability, Performance, Feature dan Conformance. Dari 31 atribut yang ada akan direduksi sehingga menghasilkan 14 atribut yang akan dijadikan kuesioner penelitian. Hasil kuesioner ini menggambarkan cotumer needs yang datanya akan diolah menjadi tingkat importance dan satisfaction terhadap produk regular daypack pada saat ini. Selain data atribut kebutuhan konsumen, maka diperlukan pula data karakteristik teknis yang menjadi dasar pengembangan teknis terhadap produk ini. Sesuai dengan kegiatan observasi industri, maka didapatkan 22 karakteristik teknis yang relevan dalam pengembangan produk regular daypack. Karakteristik teknis itu akan dikelompokkan menjadi 3 bagian besar, yang terdiri dari : Jenis bahan, Desain, dan Sistem penjualan. Matriks HOQ menjelaskan tingkat hubungan antara atribut dan karakteristik teknis produk regular daypack. Secara keseluruhan, matriks HOQ akan menghasilkan input prioritas dan target karakteristik teknis, dimana prioritas merupakan dasar dalam pengembangan konsep produk dan target karakteristik teknis adalah sasaran dari proses desain ulang secara keseluruhan. Adapun 5 urutan prioritas terbesar yang merupakan output dari matriks HOQ adalah “Kekuatan jenis bahan utama ransel”, “Lebar atas bagian depan”, “Lebar tengah bagian depan”, “Tinggi bagian belakang” dan “Penempatan kantung”. Setelah mendapatkan prioritas karakteristik teknis produk regular daypack yang akan dikembangkan selanjutnya dilakukan penentuan target karkateristik teknis. Dalam menentukan target karakteristik teknis dipilih berdasarkan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dari seluruh merek regular daypack yang tertera pada matriks HOQ
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/IND. 09 113 |
Call Number: | STI/09/364 |
NIM/NIDN Creators: | 01602-026 |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan metode QED |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 14:12 |
Last Modified: | 09 May 2025 04:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |