Analisis aktivasi obligasi syariah dan perlakuan akuntansinya ditinjau dari fatwa dewan syariah nasional - majelis ulama Indonesia; studi analisis pd sukuk ijarah PT PLN Persero

Andika, Putra (2009) Analisis aktivasi obligasi syariah dan perlakuan akuntansinya ditinjau dari fatwa dewan syariah nasional - majelis ulama Indonesia; studi analisis pd sukuk ijarah PT PLN Persero. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perlakuan akuntansi dari obligasi Syariah yang diterbitkan oleh PT. PLN Persero. Selain meneliti analisis dari perlakuan akuntansi dari obligasi syariah yang diterbitkan penelitian ini juga menganalisis apakah obligasi syariah yang diterbitkan telah sesuai dengan prinsipprinsip Syariah dan fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Metode Penelitian yang dipakai adalah metode analisis kuantitatif dan metode analisis kualitatif. Didalam metode kuantitatif digunakan untuk menghitung besarnya cicilan imbalan bagi hasil untuk para investor per triwulan. Dan metode kualitatifnya digunakan untuk menganalisa mengenai bagaimana perlakuan akuntansi obligasi syariah dengan pengukuran, penyajian serta pengungkapan dalam laporan keuangan PT. PLN Persero. Hasil dari penelitian ini adalah menyajikan dan mengungkapkan obligasi syariah (sukuk Ijarah) dalam laporan keuangan PT. PLN Persero yang dari hasil penelitian ternyata digabung dengan sumber-sumber dana dan akun-akun konvensional baik di neraca dan laporan laba rugi sehingga berdampak pada sulitnya membedakan pembiayaan yang berasal dari pembiayaan konvensional dan pembiayaan dari instrumen syariah khususnya Obligasi Syariah tersebut. Kata kunci : perlakuan akuntansi, sukuk ijarah, prinsip syariah, fatwa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 007
Call Number: SE/09/788
NIM/NIDN Creators: 43205010077
Uncontrolled Keywords: obligasi syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Oct 2009 10:30
Last Modified: 31 May 2017 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26602

Actions (login required)

View Item View Item