Analisis perilaku konsumen dlm menggunakan internet (Studi kasus mahasiswa pengguna kartu axis, xl dan im3 di UMB)

Lestari, Lina (2009) Analisis perilaku konsumen dlm menggunakan internet (Studi kasus mahasiswa pengguna kartu axis, xl dan im3 di UMB). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas perilaku konsumen (faktor pribadi, faktor motivasi, faktor pelayanan dan faktor promosi) dalam menggunakan internet di kampus yang memakai kartu telepon seluler Axis, XL dan IM3, yang selanjutnya akan berdampak kepada perusahaan penyedia jasa operator (provider) tersebut meningkat pemasarannya. Data diperoleh melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa pengguna internet yang menggunakan kartu telepon seluler di kampus Universitas Mercu Buana. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak sederhana (simple random sampling), sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah mayoritas mahasiswa dalam menggunakan internet di kampus dengan menggunakan kartu telepon seluler yang sangat dominan yaitu menggunakan kartu chip IM3. Sedangkan alasan mahasiswa berinternetan dengan mengggunakan kartu telpon seluler tersebut ialah memiliki perilaku diantaranya karena aksesnya cepat, dengan biaya yang kategori tarif murah, promosi yang dilakukan oleh provider cukup menarik. Selain itu, perilaku konsumen berdasarkan rata-rata yang di habiskan dalam 1 bulan untuk internet pengguna kartu telepon seluler IM3 di kampus sebesar < Rp. 50.000,-. Sedangkan di tinjau dari manfaat internetan yang sering digunakan yakni untuk chatting/mengunjungi situs jejaring sosial, dengan rata-rata waktu yang dihabiskan dalam sekali akses internet selama > 60 menit. Sementara rata-rata akses internet dalam sehari semalam selama 1 – 3 jam, dengan lokasi yang paling sering digunakan internetan yakni di rumah. Hasil penelitian dari hubungan antara faktor pribadi, motivasi, pelayanan, promosi dengan perilaku konsumen di dapat hasil sebagai berikut. Pada faktor pribadi hanya besaran uang saku yang signifikan, faktor motivasi hanya inisiatif dalam memilih kartu yang signifikan, faktor promosi hanya promosi provider yang signifikan, dalam hubungannya dengan biaya yang dihabiskan dalam satu bulan untuk berinternet. Sedangkan yang berhubungan dengan rata-rata waktu yang di habiskan dalam sekali akses internet pada faktor pribadi hanya memiliki penghasilan sendiri dan besaran uang saku yang signifikan, faktor pelayanan hanya kecepatan akses signifikan. Selanjutnya yang berhubungan dengan rata-rata akses internet dalam sehari semalam pada faktor pribadi hanya masa studi saja yang signifikan. Sementara yang berhubungan dengan lokasi yang paling sering untuk akses internet yakni pada factor pribadi hanya jenis kelamin yang signifikan, faktor motivasi hanya motivasi menggunakan internet yang signifikan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada mahasiswa pengguna internet dengan menggunakan kartu telepon seluler di perguruan tinggi yang ada di Jakarta atau bahkan di seluruh Indonesia, dengan lingkup penelitian diperluas. Kata kunci: perilaku konsumen (faktor pribadi, faktor motivasi, faktor pelayanan dan faktor promosi).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 09 092
Call Number: SE/09/761
NIM/NIDN Creators: 43105010133
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 19 Oct 2009 08:04
Last Modified: 31 May 2017 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item