Analisis pengaruh metode akuntansi persediaan thd price earning ratio (PER) study empiris pd perusahaan manufaktur di BEI 2004-2007

Rahayu, Munita Miarny (2009) Analisis pengaruh metode akuntansi persediaan thd price earning ratio (PER) study empiris pd perusahaan manufaktur di BEI 2004-2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Terdapat pengaruh metode akuntansi persediaan FIFO atau metode akuntansi persediaan AVERAGE terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2004 – 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kasual, yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh satu atau lebih variable bebas (Independent Variables) terhadap variable terkait tertentu (Dependent Variable) yang kemudian dijabarkan dalam beberapa tahap pengujian. Data diperoleh dari penelitian lapangan dan kepustakaan. Data lapangan berupa data laporan keuangan tahunan (annual report). Sedangkan data kepustakaan didapat dari buku, literature, jurnal-jurnal, arsip-arsip, maupun dokumen-dokumen mengenai teori dan hal lain yang berhubungan erat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan penelitian yang dibahas. Metode Analisis data yang digunakan adalah analisa statistik untuk mengukur pengaruh antara variabel independent dengan variabel dependen dan menguji hipotesis yang diajukan. Sampling frame didasarkan pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termuat pada Capital Market Directory Indonesia dan Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) dan diseleksi menggunakan metode purposive sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan Pengujian analisa statistik menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode akuntansi persediaan FIFO terhadap PER dan tidak terdapat pengaruh metode akuntansi persediaan AVERAGE terhadap PER. Kata Kunci: Inventory Average, Inventory FIFO, Price Earning Ratio (PER)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 147
Call Number: SE/09/734
NIM/NIDN Creators: 43205010087
Uncontrolled Keywords: Inventory Average, Inventory FIFO, Price Earning Ratio (PER)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Oct 2009 10:25
Last Modified: 31 May 2017 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item