Deteksi dan ekstraksi wajah utk mencari tingkat kemiripan menggunakan metode mahalanobis distance dan integral projection

Baihaki, Lutfi (2009) Deteksi dan ekstraksi wajah utk mencari tingkat kemiripan menggunakan metode mahalanobis distance dan integral projection. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Pada proyek tugas akhir ini akan dibuat program pengolahan gambar untuk mencari tingkat kemiripan. Dalam program ini tahap pengolahan gambar terbagi dalam tiga tahap yaitu Face Detection, Facial Feature Extraction dan Template Matching. Tahap yang pertama adalah proses pencarian posisi wajah dari keseluruhan gambar. Tahap yang kedua adalah proses pencarian ciri-ciri yang menonjol (fiducial points), seperti bagian mulut dan mata. Kedua bagian tersebut merupakan bagian yang akan difokuskan untuk dideteksi dan diekstraksi. Hasil ekstraksinya berupa koordinat posisi dari masing-masing bagian yang akan dibawa untuk dicocokkan pada tahapan selanjutnya. Tahap terakhir yaitu pencocokan dengan metode template matching. Apabila antara kedua gambar memiliki kedekatan yang sangat tinggi maka kedua gambar tersebut memiliki tingkat kemiripan yang tinggi pula. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu metode Mahalanobis Distance untuk melakukan proses clustering dan untuk pencarian lokasi fiturfiturnya menggunakan metode Integral Projection. Kata kunci: Mahalanobis Distance, Integral Projection.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 09 007
Call Number: SIK/09/147
NIM: 41506120019
Uncontrolled Keywords: mahalanobis distance - integral projection
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Jul 2009 09:40
Last Modified: 31 May 2017 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item