WIBOWO, NUR (2009) PERANCANGAN LINTASAN PERAKITAN UPPER SEPATU NIKE SHOCK TYPE NZ DENGAN PENDEKATAN LINE BALANCING DI LINE 14 FACTORY 3 DI PT.X. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keseimbangan lintasan, merupakan hal yang sangat penting dalam hasil produksi. Hal ini karenakan apabila lintasan tidak seimbang antara operasi maka hasil produksi yang dihasilkan banyak membuang waktu yang sia-sia. Keseimbangan lintasan produksi yang dilakukan dimaksudkan untuk meminimalkan waktu menganggur (idle time) pada lintasan produksi. PT. PRATAMA ABADI INDUSTRI merupakan sebuah industri padat karya yang bergerak dibidang industri sepatu olahraga, pasarannya dilakukan untuk pasaran internasional. Dalam pembuatan sepatu lebih banyak melibatkan tenaga manusia daripada mesin, untuk menentukan penggunaan tenaga kerja yang optimal, selama ini yang terjadi adalah tenaga kerja yang ada belum optimal, ada yang menganggur tetapi ada juga yang terlalu sibuk itu semua disebabkan lintasan produksi yang tidak seimbang atau terlalu banyak waktu menganggur yang dapat memperlambat penyelesaian suatu produk. Keseimbangan lini peraktitan ini mengalami perubahan dari kondisi awal dan setelah perbaikan dengan metode Helgeson Birnie, pada kondisi awal efisiensi lintasan perakitan sebesar 74.02 %, waktu menganggur sebesar 286.12 detik, setelah melakukan perbaikan maka diperoleh tingkat efisiensi menjadi 86.37 %, sehingga waktu menganggur berkurang menjadi 130.02 detik. Kata kunci: Time Study, Iddle Time, Keseimbangan Lintasan, Helgeson Birnie
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/IND. 09 067 |
Call Number: | STI/09/342 |
NIM/NIDN Creators: | 4160401-005 |
Uncontrolled Keywords: | line balancing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 10:02 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:42 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |