Nurhayati, Sehti (2009) Implementasi komunikasi pemasaran program corporate social responsibility (CSR) Pertamina Sehati tahun 2007-2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Komunikasi pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam mengkomunikasikan, mengenalkan dan menginformasikan produk. Komunikasi pemasaran ini tidak hanya digunakan untuk produk tangible melainkan juga untuk produk intangible yakni program corporate social responsibility (CSR) “Pertamina SEHATI”. Pertamina SEHATI adalah salah satu program CSR Pertamina dalam bidang kesehatan. Pertamina SEHATI memerlukan komunikasi pemasaran untuk dapat mengenalkan dan menginformasikan program Pertamina SEHATI ini baik untuk masyarakat yang menjadi sasaran dari program maupun masyarakat luas. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi komunikasi pemasaran program Corporate Social Responsibility (CSR) “Pertamina SEHATI” tahun 2007 - 2008 dan tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi komunikasi pemasaran program Corporate Social Responsibility (CSR) “Pertamina SEHATI” tahun 2007 - 2008. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi sebagai salah satu kegiatan pemasaran, analisa strength, weakness, opportunity dan threat (SWOT), analisa segmentasi, targeting dan positioning (STP), dan bauran komunikasi pemasaran yang mengacu pada teori Philip Kotler. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk menjawab tujuan dari penelitian dengan menjabarkan secara terperinci mengenai implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan “Pertamina SEHATI”. Pada penelitian ini data yang digunakan oleh penulis adalah kegiatan komunikasi pemasaran selama tahun 2007 - 2008. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara secara mendalam dengan narasumber yang sudah ditentukan. Hasil penelitian ini membahas mengenai implementasi komunikasi pemasaran program corporate social responsibility (CSR) “Pertamina SEHATI” selama tahun 2007-2008. Bauran komunikasi atau alat-alat komunikasi yang digunakan diantaranya adalah advertising, yakni media above the line: advertorial dan iklan layanan masyarakat dan media below the line : pameran, brosur, umbulumbul dan spanduk; public relation menggunakan event, news, talkshow, laporan tahunan, buku profil CSR Pertamina, dan majalah perusahaan; direct marketing; word of mouth.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 069 |
Call Number: | SK/09/389 |
NIM/NIDN Creators: | 4430401-018 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Jul 2009 11:46 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26372 |
Actions (login required)
View Item |