Efek kognitif dan afektif tayangan suami-suami takut istri di trans tv thd ibu rumah tangga rw 06 komplek BTN bumi pasarkemis Tangerang

Maharani, Cory (2009) Efek kognitif dan afektif tayangan suami-suami takut istri di trans tv thd ibu rumah tangga rw 06 komplek BTN bumi pasarkemis Tangerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Cory Maharani (4410412-022) “Efek Kognitif dan Afektif Tayangan Suami-suami Takut Istri di Trans TV Terhadap Ibu Rumah Tangga RW.06 Komplek BTN Bumi Pasarkemis Tangerang” X + 89 Halaman + 10 Lampiran; Bibliografi Program acara sangat menentukan tinggi rendahnya rating sebuah televisi yang sering kali menjadi acuan praktisi media tanpa memperdulikan apakah tayangan tersebut dapat memberikan kontribusi positif atau tidak. Kini Trans TV kembali menghadirkan sitkom baru yang berjudul Suami-suami Takut Istri yang digarap oleh Rumah Produksi Multivision Plus. Walaupun sangat popular di masyarakat tetapi tayangan ini termasuk dalam daftar tayangan bermasalah yang ditetapkan oleh KPI. Selain unsur kontradiksi didalam cerita, tayangan ini juga disiarkan pada jam prime time sehingga banyak resiko yang harus dihadapi terutama bagi penonton anak-anak. Tentu saja hal ini membawa efek yang mengkhawatirkan dalam sosial masyarakat. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah hampir semua lapisan masyarakat menyukai tayangan bergenre komedi karena sifatnya yang menghibur. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauhmana efek kognitif dan afektif tayangan Suami-suami Takut Istri di Trans TV terhadap ibu rumah tangga RW.06 Komplek BTN Bumi Pasarkemis Tangerang. Teori Lasswell, sederhana namun banyak diterapkan dalam membedah kasus komunikasi massa karena kelengkapan unsur didalamnya, yakni dengan menjawab pertanyaan berikut : Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect. Dalam sebuah proses pesan, tidak hanya komunikator yang memiliki peran penting tetapi juga sangat ditentukan oleh komunikan. Karena berhasil tidaknya suatu proses komunikasi sangat ditentukan khalayak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bersifat deskriptif yaitu hanya melaporkan situasi atau peristiwa dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasinya adalah Ibu rumah tangga Rw.06 Komplek BTN Bumi Pasarkemis Tangerang dan menggunakan sampel sebanyak 87 ibu rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek kognitif tayangan Suami-suami Takut Istri di Trans TV terhadap ibu rumah tangga Rw.06 Komplek BTN Bumi Pasarkemis Tangerang memiliki indikator TINGGI dengan nilai pengetahuan mencapai 75%. Hal ini berbanding terbalik dengan efek afektif yang memiliki nilai RENDAH dengan tingkat kesukaan 0-25%. Hal ini semakin menguatkan karakter masyarakat Indonesia yang sebenarnya menyadari tayangan ini berdampak negatif tetapi khalayak masih tetap menikmati tayangan ini sebagai suatu hiburan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 027
Call Number: SK/09/387
NIM/NIDN Creators: 4410412-022
Uncontrolled Keywords: kognitif dan afektif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jul 2009 11:29
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26370

Actions (login required)

View Item View Item