Rosvita, Reni (2009) Efektifitas komunikasi bank indonesia sbg media publikasi eksternal dlm menyampaikan informasi ttg ciri2 uang asli. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Dengan teknologi yang semakin canggih, terutama teknologi komunikasi elektronik, dunia menjadi semakin kecil. Sistem komunikasi satelit, sistem siaran langsung, videotext, surat elektronik, komputer mini, internet dan banyak lagi produk mutakhir yang tidak mungkin diabaikan oleh Humas dalam melakukan kegiatannya. Oleh karena itu, perlu sejak dini mempersiapkan untuk memahami dan menguasai serta memanfaatkan demi kepentingan organisasi.DemikianjugadenganBankIndonesia, dalamkegiatankehumasanmenggunakanteknologi internet, terutama untuk menyampaikan informasi ciri-ciri uang asli. Yang menjadi permasalahan yaitu sebagian besar masyarakat belum menggunakan internet sebagai media komunikasi. Tetapi dilain pihak Bank Indonesia akan terus menggiatkan sosialisasi uang palsu melalui poster atau iklan di berbagai media. Dengan sosialisasi tersebut masyarakat dapat memahami ciri-ciri keaslian uang rupiah dan cara memperlakukan uang secara baik. Sehingga masyarakat dapat berperan dalam mencegah peredaran uang palsu. Dalam konteks tersebut penelilti ingin mengatahui efektivitas komunikasi Bank Indonesia melalui media publikasi eksternal dalam menyampaikan informasi ciri-ciri uang asli.Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas komunikasi dengan menggunakan konsep efektifitas komunikasi Andre Hardjana yang berisikan 6 (enam) variabel yaitu siapa penerima atau pemakai (receiver or user), isi pesan (content), ketepatan waktu (timing), media komunikasi (media), format (format), dan sumber pesan (source). Penelitian ini metode menggunakan metode survey dengan kuesioner. Responden penelitian ini adalah masyarakat yang mengakses website BI dengan jumlah responden sebanyak 98 orang yang dipilih melalui teknik accidental sampling yaitu secara kebetulan saja yang mengakses website BI. Pengukuran terhadap jawaban menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menyatakan bahwa Humas BI sebagai sumber pesan (source) telah melakukan sosialisasi (41,8% menjawab sangat setuju), secara persuasif (49,0% setuju), dan dapat meyakinkan masyarakat (28,8% setuju). Media komunikasi (internet/website) yang dipergunakan BI mudah diakses (50,0% setuju), dan sering dilihat responden (55,1% setuju). Ketapatan waktu (timing) dalam menyampaikan pesan dapat cepat diterima oleh masyarakat (33,7% setuju). Format desain Website BI menarik (72,4% setuju) dan responden tertarik melihat untuk mengetahui ciri-ciri uang asli (46,9% setuju), sehingga masyarakat dapat mengerti/paham (46,9% setuju). Masyarakat sebagai penerima/pemakai pesan (receiver/user) menyatakan bertambah pengetahuannya (27,6% sangat setuju dan 31,5% setuju) dan dapat membedakan uang asli dan uang palsu (57,1% sangat setuju), serta peduli terhadap bentuk fisik uang (66,3% sangat setuju). Efektifitas komunikasi Bank Indonesia melalui Media Online (website) www.bi.go.id dalam menyampaikan pesan mengenai ciri-ciri uang asli kepada masyarakat dapat dilihat dalam hasil penerlitian bahwa pesan yang disampaikan Bank Indonesia dapat dipahami dan menjadikan pengetahuan masyarakat untuk dapat membedakan uang asli dengan uang palsu, serta peduli terhadap bentuk fisik uang sehingga masyarakat memperlakukan uang secara baik dan benar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 080 |
Call Number: | SK/09/383 |
NIM/NIDN Creators: | 04202-072 |
Uncontrolled Keywords: | media publikasi eksternal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Jul 2009 09:46 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 05:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26366 |
Actions (login required)
View Item |