Kegiatan community relations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dlm meningkatkan corporate image (periode Januari - Desember 2008)

Ambarwati, Damaris (2009) Kegiatan community relations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dlm meningkatkan corporate image (periode Januari - Desember 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

A B S T R A K S I Damaris Ambarwati (44205010039) Kegiatan Community Relations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dalam Meningkatkan Corporate Image 95 halaman + 21 lampiran Bibliografi 19 buku (2000-2008) Community Relations adalah kegiatan yang ditujukan untuk komunitas sebagai salah satu bentuk implementasi dari tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan terhadap masyarakat. Kegiatan ini dilakukan oleh Public Relations suatu perusahaan yang bertujuan untuk membina hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat. Berdasarkan anggapan diatas peneliti tertarik untuk mengkaji kegiatan community relations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan citra perusahaan (corporate image). Kegiatan community relations yang dilakukan oleh Bank Mandiri adalah kegiatan-kegiatan sosial untuk komunitas baik yang sudah terprogram maupun yang spontan. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui kegiatan community relations yang dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dalam meningkatkan corporate image dengan komunitas pada periode Januari sampai Desember 2008. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) bertujuan untuk memperoleh data dan fakta atas kegiatan community relations yang telah dilakukan serta citra perusahaan setelah adanya kegiatan tersebut. Penelitian ini mengambil satu informan yang berkompeten dan dipercayai dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dua informan dari dua Yayasan sebagai pelaksana kegiatan community relations dan dua orang masyarakat penerima bantuan. Untuk analisa datanya menggunakan metode triangulasi untuk membandingkan hasil wawancara dari narasumber PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan narasumber dari dua Yayasan dan dua masyarakat penerima bantuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan community relations yang dilakukan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencakup bidang sosial, bidang lingkungan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang olah raga dan bidang usaha kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Bank Mandiri mengadakan kegiatan community relations sebagai upaya untuk meningkatkan image perusahaan, sehingga dalam membuat kegiatan tersebut diperlukan beberapa tahap seperti fact finding, planning, actuating, monitoring dan evaluating. Saran dari penelitian ini adalah Bank Mandiri selain mengadakan kegiatan yang bersifat formal juga harus mengadakan kegiatan yang sifatnya informal seperti pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat dan juga dengan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 081
Call Number: SK/09/381
NIM/NIDN Creators: 44205010039
Uncontrolled Keywords: community relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jul 2009 09:30
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26364

Actions (login required)

View Item View Item