Strategi kampanye public relations "AIRIN RACHMI DIANY" sebagai calon wakil bupati dalam pilkada bupati tanggerang periode 2008-2013

Anggraini, Rina (2009) Strategi kampanye public relations "AIRIN RACHMI DIANY" sebagai calon wakil bupati dalam pilkada bupati tanggerang periode 2008-2013. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Pilkada merupakan fenomena baru di Indonesia sejak dikeluarkannya PP RI No. 6 Th. 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Fenomena Pemilihan yang secara langsung memilih wakil rakyat saat ini banyak melibatkan jasa praktisi Public Relations untuk membantu menyusun strategi PR kampanye yang akan dijalankan. Begitu halnya dengan Airin Rachmi Diany. Dalam pilkada ini ia juga menerapkan strategi kampanye PR dalam upayanya menjadi wakil Bupati Kabupaten Tangerang periode 2008 – 2013. Berdasarkan Latar Belakang Masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimanakah Strategi Kampanye Public Relations Hj Airin Rachmi Diany, SH, MH sebagai calon wakil Bupati Dalam Pilkada Bupati Kabupaten Tangerang Periode 2008-2013?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Strategi Kampanye Public Relations Hj Airin Rachmi Diany, SH, MH sebagai calon wakil Bupati dalam Pilkada Bupati Kabupaten Tangerang Periode 2008-2013 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Hasil penelitian menyimpulkan walaupun strategi PR tetap dijalankan, namun Airin tidak menggunakan jasa praktisi Public Relations yang bisa secara spesifik membantu merancang dan membangun program-program PR tersebut. Airin juga tidak menggunakan strategi khusus dalam menghadapi pesaing yang sebelumnya sudah menjabat (incumbent), terlebih pesaing tersebut mengusung Tokoh Publik Figur sebagai pasangannya. Terlebih dengan sempitnya waktu kampanye yang dipersiapkan hanya 5 bulan sehingga program-program yang dijalankan terasa belum maksimal. Saran yang dapat diberikan adalah bila seharusnya praktisi public relation diikutsertakan, kolaborasi antara konsultan politik dan praktisi public relations akan menjadi kerjasama yang solid, yang akan membantu melancarkan strategi-strategi kampanye.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 087
Call Number: SK/09/375
NIM/NIDN Creators: 4420412-046
Uncontrolled Keywords: Strategi kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jul 2009 14:37
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item View Item