Opini khalayak terhadap tayangan drama komedi OB shift 2 RCTI. (Studi deskripsi terhadap masyarakat rawa buaya Rt.12 Rw.11 cengkareng jakarta barat periode maret 2009

Hakim, Agustina (2009) Opini khalayak terhadap tayangan drama komedi OB shift 2 RCTI. (Studi deskripsi terhadap masyarakat rawa buaya Rt.12 Rw.11 cengkareng jakarta barat periode maret 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Dalam ilmu komunikasi istilah pendapat (opinion) dan sikap (attitude) sering dicampurbaurkan. Pada umumnya orang berpendapat bahwa opini merupakan jawaban terbuka terhadap suatu ataupun baik lisan ataupun tulisan. Dengan ide awal drama komedi “OB” (Office Boy) menghadirkan situasi komedi yang cerdas tapi juga menggelitik. Pada tanggal 25 Maret OB muncul dengan judul baru “OB shift 2”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini khalayak di Rawa Buaya Rt.12 Rw.11 Cengkareng Jakarta Barat mengenai program Drama Komedi OB shift 2 RCTI pada bulan Maret 2009. Sedangkan yang menjadi tinjauan pustaka adalah komunikasi massa melalui media massa kepada khalayak, televisi sebagai salah satu media massa, drama komedi, opini juga diartikan sebagai pendapat seseorang sebagai pernyataan sikapnya terhadap sesuatu hal atau peristiwa yang diungkapkan dengan kata-kata,dan khalayak media. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi khalayak yang dipilih dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili atau bertempat tinggal diwilayah lingkungan Rawa Buaya Rt 12 Rw 11 Cengkareng, Jakarta Barat, yang menyaksikan program drama komedi “OB” shift 2. Sampel dalam penelitian ini 85 responden, dari jumlah populasi yaitu 546 penarikan samplenya menggunakan rumus Yamane dengan presisi 10 %. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuisioner kepada para responden dengan menggunakan cara purposive sampling, yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan, bahwa opini tayangan drama komedi OB shift 2 terhadap masyarakat Rawa Buaya Rt.12 Rw.11 Cengkareng Jakarta Barat pada bulan Maret 2009 positif, dalam arti bahwa tayangan tersebut perkembangannya dianggap positif oleh responden.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 024
Call Number: SK/09/346
NIM/NIDN Creators: 44105010028
Uncontrolled Keywords: Opini khalayak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jul 2009 11:13
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item