Strategi humas PT timah (persero) tbk dalam mongelola community development masyarakat sekitar pertambangan di pangkal pinang bangka belitung

Zulaika, (2009) Strategi humas PT timah (persero) tbk dalam mongelola community development masyarakat sekitar pertambangan di pangkal pinang bangka belitung. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Salah satu bidang pekerjaan public relations adalah menjaga hubungan baik dengan stakeholders baik itu eksternal maupun internal. Public relations berperan sebagai penghubung antara perusahaan dan stakeholders yang bertujuan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. Salah satu hubungan yang harus dijaga dengan baik adalah community relations atau menjaga hubungan baik dengan komunitas lokal. Program community development merefleksikan ketergantungan antara organisasi dengan komunitas dimana organisasi tersebut berada. Alasan penelitian di PT Timah Tbk karena kepeduliannya terhadap pengembangan masyarakat (community development) telah menjadi bagian yang integral dalam melaksanakan visi dan misi perusahaan. PT Timah Tbk selalu ingin berperan lebih optimal sebagai motor penggerak aktivitas perekonomian di Bangka Belitung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi humas PT. Timah Tbk. dalam mengelola community development di sekitar daerah pertambangan periode tahun 2008. Untuk kerangka pemikiran penyusun membahas mengenai pengertianpengertian yang menjadi dasar dari penelitian ini, meliputi pengertian tentang komunikasi, fungsi tugas dan peran public relations, strategi public relations, community relations, community development. Dalam metodologi penelitian metode yang digunakan adalah observasi, tipe penelitiannya adalah metode penelitian Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif, menggunakan key informan sebanyak 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh Humas PT Timah meliputi empat tahapan yaitu: melakukan penelitian dan mendengarkan, pengambilan keputusan dan membuat perencanaan, pengaplikasian program dan mengkomunikasikan program, terakhir melakukan evaluasi. Pelaksanaan program community development perusahaan telah memberikan kemajuan yang berarti bagi masyarakat, dimana banyak masyarakat yang merasa dengan adanya program tersebut usaha yang telah mereka jalani selama ini menjadi meningkat kemudian angka pengangguran yang ada di masyarakat sekitar pun menjadi berkurang karena adanya program tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 072
Call Number: SK/09/351
NIM/NIDN Creators: 04202-103
Uncontrolled Keywords: Strategi humas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jul 2009 10:13
Last Modified: 05 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26337

Actions (login required)

View Item View Item