Ilmi, Irfan (2009) Aktivitas humas PT Askes (Persero) pada pelaksanaan special event senam sehat askes bersama ibu negara RI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Irfan Ilmi (44206120065) Aktivitas Humas PT. Askes (Persero) Pada Pelaksanaan Special Event Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara RI Dalam Membangun Citra Perusahaan V + 80 Halaman ; 5 Lampiran Bibliografi : 34 Acuan ( 1986 – 2007) Special event sering dilakukan praktisi Humas, karena dalam hal ini merupakan bagian dari suatu aktivitas Humas dan salah satu kiat keberhasilan kegiatan Humas untuk proses publikasi hingga menciptakan citra positif adalah dengan melakukan komunikasi dua arah timbal balik. Program kerja Humas yang memberikan informasi secara langsung dapat dikemas dalam suatu media Humas pada acara khusus atau dikenal sebagai ”Special Event PR Program” baik untuk mewakili perusahaan maupun tentang pengenalan dan pengetahuan produk atau mengenai pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat sebagai khalayak sasarannya sehingga dapat terbentuknya suatu citra yang diharapkan oleh perusahaan. Sebagai salah satu bentuk dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Askes (Persero) tetap berusaha menciptakan komunikasi yang kondusif kepada khalayak (peserta Askes) dengan mengadakan media internal kehumasan melalui surat edaran, majalah dinding, bulletin internal dan buku panduan serta media eksternal kehumasan dengan mengadakan special event yang salah satunya adalah dengan mengadakan Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara RI yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2009 di Monumen Nasional Jakarta. Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas maka permasalahan yang dapat diambil adalah: “Bagaimana aktivitas Humas PT. Askes (Persero) pada pelaksanaan special event Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara RI dalam membangun citra perusahaan?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas Humas PT. Askes (Persero) pada pelaksanaan special event Senam Sehat Askes Bersama Ibu Negara RI dalam membangun citra perusahaan. Teori yang digunakan mengacu pada teori komunikasi, teori komunikasi organisasi, konsep citra, dan konsep aktivitas humas berupa rencana kerja Humas dalam pelaksanaan special event yang dikemukakan oleh Roger Haywood dalam bukunya All About PR, yaitu pengumpulan data, perencanaan (komunikasi dan aksi), penganggaran dana, penggunaan media sebagai publikasi, menentukan khalayak sasaran, hingga evaluasi yang berjalan efektif, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan mewawancarai para pimpinan PT Askes (Persero) Jakarta sebanyak 3 orang/narasumber. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa special event yang dilakukan Humas Askes pada Senam Sehat Askes bersama Ibu Negara RI dalam pelaksanaannya ternyata mengacu pada aktivitas Humas. Dengan dimulainya pengumpulan data, perencanaan (komunikasi dan aksi), penganggaran dana, penggunaan media sebagai publikasi, menentukan khalayak sasarannya, hingga evaluasi. Sehingga kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 070 |
Call Number: | SK/09/347 |
NIM/NIDN Creators: | 44206120065 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas humas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 10:12 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26336 |
Actions (login required)
View Item |