Hubungan menonton tayangan jalan sesama di trans7 thd perilaku asertif anak (Survey thd siswa/i kelas I s/d VI SDN Duri Kosambi 08 Pagi Duri Kosambi Cengkareng Jak-Bar)

Rahayu, Hikmawati (2009) Hubungan menonton tayangan jalan sesama di trans7 thd perilaku asertif anak (Survey thd siswa/i kelas I s/d VI SDN Duri Kosambi 08 Pagi Duri Kosambi Cengkareng Jak-Bar). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Saat ini, kegiatan memperoleh informasi dan hiburan lebih banyak dilakukan anak-anak dengan menonton televisi. Banyak tayangan televisi untuk anak-anak namun kurang mendidik. Jalan Sesama yang merupakan adaptasi dari Sesame Street juga dipercayakan untuk ditayangkan di TRANS7. Dikemas dengan magazine format, program ini bertujuan untuk membantu anak-anak di Indonesia dalam mempelajari halhal dasar untuk menunjang perkembangan fisik, intelektual dan emosional mereka serta memperkenalkan berbagai khazanah budaya dan kekayaan alam Indonesia. Adanya suatu bukti bahwa terdapat hubungan antara perkembangan emosi dan sikap dengan kegiatan memproses informasi, melatarbelakangi pokok permasalahan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui ada atau tidaknya hubungan menonton tayangan Jalan Sesama di TRANS7 terhadap perilaku asertif siswa/I SDN Duri Kosambi 08 Pagi Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini bersifat korelasional dengan metode survey terhadap 100 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling di SDN Duri Kosambi 08 Pagi Cengkareng Jakarta Barat. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berjumlah 25 pertanyaan. Berdasarkan hasil perhitungan Alpha - Cronbach dengan software SPSS 15, pada uji reliabilitas dengan hasil untuk variabel X sebesar 0,839 dan variabel Y sebesar 0,885, berarti kedua variabel tersebut sangat reliabel. Pada uji validitas, hasil dari rhitung instrumen adalah 0,302–0,790 dan hasil tersebut lebih besar dari rtabel (0,256) yang berarti instrumen tersebut valid. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara menonton tayangan Jalan Sesama di TRANS7 dengan perilaku asertif anak, dengan menggunakan rumus Spearman Rank didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,918 yang berarti korelasi tersebut berada pada tingkatan sangat kuat. Tingkat signifikasi penelitian ini adalah 0,00, hal ini berarti lebih kecil dari tingkat signifikasi yang ditetapkan yaitu 0,01, sehingga korelasinya dapat dikatakan signifikan. Selanjutnya pada uji hipotesis didapat nilai thitung sebesar 9,90 yang lebih besar dari ttabel (2,63), hal tersebut berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 016
Call Number: SK/09/341
NIM/NIDN Creators: 4410401-046
Uncontrolled Keywords: PERILAKU ASERTIF
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jul 2009 08:14
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item