Upaya membangun reputasi perusahaan melalui government relations ( Studi pd divisi government relations PT Indosat Tbk periode penelitian Januari - Desember 2008)

Winarti, Wina (2009) Upaya membangun reputasi perusahaan melalui government relations ( Studi pd divisi government relations PT Indosat Tbk periode penelitian Januari - Desember 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini mengambil studi pada Divisi Government Relations PT. Indosat, Tbk yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dimana dalam kegiatan operasionalnya tidak terlepas dari peraturan perundang-undangan yang harus ditaati dan dijalankan. Selain itu sebagian sahamnya dimiliki oleh Pemerintah. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana upaya membangun reputasi perusahaan melalui government relations dilakukan oleh Divisi Government Relations dengan melihat keseluruhan proses kegiatannya”. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan deskripsi tentang upaya membangun reputasi perusahaan melalui kegiatan Government Relations PT. Indosat. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan teknik triangulasi, yaitu teknik pengecekan keabsahan data yang didasarkan pada sesuatu diluar data untuk keperluan mengecek atau sebagai pembanding terhadap data yang telah ada. Triangulasi yang digunakan adalah triangualsi sumber data. Tahap triangulasi yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi seperti wawancara mendalam dan beberapa sumber data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa upaya membangun reputasi perusahaan melalui government relations dalam kesehariannya dilakukan dua kegiatan utama yaitu komunikasi dan kepatuhan, dimana indikatornya adalah budaya organisasi, nilai-nilai yang dianut perusahaan, dan beberapa isu penting dalam manajemen reputasi. Reputasi berperan sangat penting karena menjadikan pekerjaan lebih atraktif dan memotivasi. Oleh karenanya kegiatan komunikasi dan kepatuhan yang dijalankan Divisi Government Relations PT. Indosat memastikan kelancaran komunikasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan, serta menjamin tersedianya informasi yang boleh diakses oleh stakeholder sesuai dengan kebutuhan yang wajar. Untuk menunjang pekerjaannya, seorang praktisi Government Relations harus memiliki kemampuan komunikasi, menguasai ilmu hukum dengan baik serta memiliki penampilan yang baik. Selain itu transaparansi adalah satu hal yang penting bagi Government Relations. Perusahaan sejenis atau lainnya diharapkan dapat mengadopsi kegiatan-kegiatan yang dilakukan government relations, karena merupakan salah satu fungsi terpenting dalam upaya membangun reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 073
Call Number: SK/09/338
NIM/NIDN Creators: 44206110077
Uncontrolled Keywords: government relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jul 2009 14:57
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item View Item