Efek kognitif dan afektif film radit dan jani thd siswa-siswi smu negeri 1 curug

Andika, Andri (2009) Efek kognitif dan afektif film radit dan jani thd siswa-siswi smu negeri 1 curug. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Komunikasi massa identik dengan media massa. Ada 3 efek yang ditimbulkan oleh media massa, yaitu kognitif, afektif dan konatif. Pada efek kognitif, audiens mendapat pengetahuan dari apa yang ia tonton pada sebuah film, yaitu dari apa yang belum ia ketahui sebelumnya menjadi tahu dan mengerti. Pada efek afektif, audiens akan mencoba merasakan apa yang ia rasa ketika menonton film tersebut. Biasanya sikap yang ditimbulkan berupa perasaan senang atau tidak senang terhadap film tersebut. Sedangkan untuk efek konatif, biasanya audiens akan mencoba mengikuti prilaku dari apa yang ia dapat di dalam film dan dibawa ke dalam kehidupannya. Dalam film, media yang paling utama ditonjolkan untuk bisa mempengaruhi khalayak luas adalah bahasa gambar sebagai bahasa universal. Ini dimaksudkan agar film bisa menjangkau semua lapisan segmen sosial dalam masyarakat. Ini menjadikan film sebagai salah satu media yang sangat efektif dalam pembentukan nilai-nilai dan perilaku yang ada dalam masyarakat. Elemen efek ini sangat penting, karena untuk mengetahui sejauh mana khalayak menerima pesan yang disampaikan Berdasarkan dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan dalam penelitian yaitu, sejauh mana efek kognitif dan efek afektif film Radit dan Jani terhadap siswa/i SMU I Curug. Penelitian ini dimulai pada tanggal 2-3 April 2009 yang bertujuan untuk mengetahui Efek film Radit dan Jani terhadap siswa/i SMU 1 Curug. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode survey. Data diperoleh dari siswa/i SMU tersebut, dengan responden sebanyak 92 orang. Data primer penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan teknik purpossive sampling. Hasil yang diperoleh yaitu, sebanyak 76.09 % responden memiliki pengetahuan tinggi, 23.91 % responden memiliki pengetahuan sedang. Sedangkan tidak ada responden atau 0 % yang memiliki pengetahuan rendah terhadap film Radit dan Jani. Pada tingkat sikap, sebanyak 69.56 % responden memiliki sikap positif, 29.35 % responden memiliki sikap netral, dan hanya 1.09 % respoden yang memiliki sikap negatif. Dari hasil di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa, pengetahuan responden terhadap film Radit dan Jani mayoritas tinggi. Selain itu, responden juga bersikap positif terhadap film tersebut karena pesan moral yang disampaikan sangat terasa, yaitu agar manusia lebih menghargai hidup, karena untuk mendapatkan suatu kebahagiaan diperlukan kerja keras dan pengorbanan. Selain itu, disarankan kepada sutradara film Radit dan Jani agar lebih memperhatikan setting lokasinya agar penonton tidak merasa bosan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 018
Call Number: SK/09/337
NIM/NIDN Creators: 44105010160
Uncontrolled Keywords: kognitif dan afektif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jul 2009 14:51
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item