Evaluasi value for money transparansi dan akuntabilitas program pemberdayaan masyarakat bina ekonomi (PPMK-BE) provinsi DKI Jakarta

Renoyati, Dewi Retno (2009) Evaluasi value for money transparansi dan akuntabilitas program pemberdayaan masyarakat bina ekonomi (PPMK-BE) provinsi DKI Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Krisis ekonomi yang melanda Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 1998 masih terasa dampaknya hingga kini, dan menghasilkan kantong-kantong kemiskinan di berbagai daerah, tak terkecuali di Jakarta. Kondisi tersebut menyebabkan meluasnya sektor pekerjaan informal, karena banyak korban PHK dan angkatan kerja baru yang terpaksa masuk ke sektor informal. Pemerintah DKI Jakarta, dalam mengatasi masalah pengangguran memfokuskan pada pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dirumuskan Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bina Ekonomi (PPMK-BE). PPMK-BE merupakan program pemberian pinjaman sebagai bantuan modal bagi masyarakat kelurahan yang wajib digunakan untuk memulai atau mengembangkan kegiatan usaha kecil. Dana tersebut berupa dana bergulir dengan syarat pinjaman dan pengembalian yang ringan dan tanpa jaminan. Dalam penelitian kali ini penulis mengunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan dua pendekatan dalam pengumpulan data, yaitu data sekunder yang bersumber dari Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1747/2003 tentang Perubahan Lampiran Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1561/2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) Dalam Rangka Mempercepat Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2003-2007 yang dituangkan dalam Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) PPMKBE oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi DKI Jakarta tahun 2003. Dan penulis juga menggunakan data primer yaitu dokumentasi dan wawancara . Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat kendala-kendala dalam mencapai value for money, transparansi dan akuntabilitas program a) Pengalokasian dana PPMK-BE untuk masing-masing kelurahan tidak berdasarkan kebutuhan riil/jumlah masyarakat kelompok sasaran yang ada, b) Struktur organisasi pelaksana program terlalu besar karena cenderung mengakomodasi semua pihak, c) Tidak ada sistem pengelolaan dana yang baik di masyarakat pemanfaat dana, d) Sisdur / juklak tidak memadai, e) Tidak ada target pencapaian yang jelas dan terkuantifikasi, f) Kriteria tentang domisili dan identitas penduduk penerima guliran dana menjadi penghambat bagi masyarakat urban yang membutuhkan pemberdayaan, g) Tidak ada pembagian wewenang yang baik dan seimbang, h) Kriteria ekonomi kelompok sasaran tidak jelas, i) Jenis, mekanisme dan koordinasi dalam sosialisasi program kurang jelas, j) Sistem komunikasi lebih bersifat satu arah / tidak interaktif sehingga proses pembelajaran dan perbaikan yang terus menerus terhadap program menjadi sulit untuk diwujudkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 207
Call Number: SE/09/502
NIM/NIDN Creators: 4320411-274
Uncontrolled Keywords: VALUE FOR MONEY, AKUNTABILITAS, BINA EKONOMI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Jun 2009 10:10
Last Modified: 31 May 2017 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item