Analisis implementasi manajemen mutu iso/ts 16949 terhadap perbaikan mutu produk pada pemasok PT. Denso Indonesia (studi kasus pada perbaikan mutu produk Frd case cooling bus air conditioner di PT. Induro Internasional)

Hayat, Syahrul (2009) Analisis implementasi manajemen mutu iso/ts 16949 terhadap perbaikan mutu produk pada pemasok PT. Denso Indonesia (studi kasus pada perbaikan mutu produk Frd case cooling bus air conditioner di PT. Induro Internasional). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
41605110009 Syahrul Hayat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI PT. Denso Indonesia merupakan produsen komponen otomotif bertaraf internasional yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO/TS 16949 sejak tahun 2004. Dalam ISO/TS 16949, dikenal siklus PDCA dan kaizen sebagai alat bantu untuk melakukan perbaikan berkesinambungan pada setiap level operasi dan proses. Siklus PDCA merupakan model dasar dalam sistem manajemen mutu standar internasional ini. Pada implementasinya di PT. Denso Indonesia, siklus PDCA dianggap sebagai konsep fundamental dalam melakukan pekerjaan dan pendekatan memecahkan berbagai masalah. ISO/TS 16949 dengan PDCA-nya mengatur pengendalian mutu mulai dari pemilihan material, proses produksi, pengiriman, hingga menjadi produk yang siap pakai. Sistem ini mengendalikan mutu produk sejak proses di pemasok hingga sampai ke pelanggannya. Salah satu contoh implementasi ISO/TS 16949 yang dilakukan PT. Denso Indonesia adalah membantu perbaikan dan pengendalian mutu produk di PT. Induro Internasional sebagai pemasok utama produk Case Cooling Bus AC. Upaya ini dijalankan dengan melakukan penelitian secara kualitatif untuk mencari solusi dari masalah mutu yang dihadapi. Penelitian menggunakan metode kausal-komparatif, diawali dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi lapangan dan studi literatur, kemudian datanya diolah dan disajikan menggunakan beberapa alat dari “seven QC tools”, seperti check sheet, pareto diagram dan fishbone diagram. Selanjutnya masalah dianalisis dan diselesaikan dengan implementasi 8 langkah pada siklus PDCA.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 09 095
Call Number: STI/09/287
NIM/NIDN Creators: 41605110009
Uncontrolled Keywords: manajemen mutu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:05
Last Modified: 05 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26083

Actions (login required)

View Item View Item