Penerapan prinsip human relations oleh HRD manager PT Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten) dlm membina hubungan baik dgn karyawan

Sari, Winda (2009) Penerapan prinsip human relations oleh HRD manager PT Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten) dlm membina hubungan baik dgn karyawan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Dalam setiap melakukan kegiatan perusahaan atau organisasi tidak lepas dari adanya fungsi Public Relations. Begitu juga dengan kegiatan dan aktivitas yang ada di PT. Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten), baik secara internal maupun eksternal, sehingga di dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan prinsip Human Relations yang dilakukan HRD Manager PT. Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten) dalam membina hubungan baik dengan karyawan. Human Relations yaitu hubungan yang berlangsung atas dasar saling menghargai dan membutuhkan. Human Relations bukan hanya merupakan penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain, tetapi hubungan antara orang-orang yang berkomunikasi itu mengandung unsur-unsur kejiwaan yang amat mendalam. Human Relations merupakan hubungan yang harus dilakukan di dalam sebuah perusahaan, karena dengan adanya Human Relations di dalam perusahaan akan mengurangi terjadinya salah pengertian antar sesama anggota perusahaan. Ditinjau dari ilmu komunikasi, Human Relations itu termasuk ke dalam komunikasi antarpersona (interpersonal communication) sebab berlangsung pada umumnya antara dua orang secara dialogis.Teori yang dipakai pada penelitian ini menggunakan teori yang terdapat dalam buku Keith Davis yang membahas mengenai Prinsip-prinsip Human Relations yang menekankan pada Pentingnya Individu, Saling Menerima, Kepentingan Bersama, Komunikasi Terbuka, Partisipasi Karyawan, Identitas Lokal, Keputusan Lokal, Standar Moral yang Tinggi serta komunikasi antarpribadi yang berlangsung di dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara sistematis, aktual dan akurat tentang fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki dengan melakukan wawancara mendalam terhadap HRD Manager PT. Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten), yang bertujuan untuk memperoleh data dan fakta mengenai Human Relations di dalam perusahaan tersebut, selanjutnya akan diberikan gambaran Human Relations yang dilakukan HRD Manager PT. Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa HRD Manager PT. Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten) dalam melakukan Human Relations dengan karyawan sesuai dengan Prinsip-prinsip Human Relations yaitu mengakui pentingnya individu, saling menerima, melakukan komunikasi terbuka, memperhatikan partisipasi karyawan, mengakui bahwa HRD Manager dan karyawan saling terkait dalam mengambil keputusan dengan cara musyawarah, sebagai upaya untuk membina hubungan baik dengan karyawan di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 086
Call Number: SK/09/229
NIM/NIDN Creators: 4420401-036
Uncontrolled Keywords: Penerapan prinsip human relations, HRD manager, PT Cahaya Televisi Indonesia (CTV Banten)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:09
Last Modified: 11 Jun 2017 16:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item