Efek kognitif dan afektif rubrik cerpen di majalah aneka yess thd pelajar smp negeri 132 Jakarta

Setiawan, Ari (2009) Efek kognitif dan afektif rubrik cerpen di majalah aneka yess thd pelajar smp negeri 132 Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Ari Setiawan ( 04101 - 003 ) Efek Kognitif Dan Afektif Rubrik Cerpen Di Majalah Aneka Yess Terhadap Pelajar SMP Negeri 132 Jakarta Bab I s/d V (73 Hal) – Lampiran (35 Hal) Di era masyarakat informasi sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa majalah menjadi salah satu media untuk mendapatkan informasi tentang segala hal yang dianggap baru, penting dan menarik. Rubrik Cerpen di Majalah Aneka Yess adalah sebuah media hiburan yang berisi sebuah cerita fiksi hasil rekaan pengarangnya serta dengan panjang cerita maksimal lima halaman. Tujuan utama dari Majalah Aneka Yess menyuguhkan Rubrik Cerpen didalamnya adalah selain sebagai hiburan bagi pembaca, Rubrik Cerpen di majalah Aneka Yess juga disuguhkan sebagai kontribusi bagi pembaca khususnya remaja untuk meningkatkan kreativitasnya dibidang seni sastra khususnya dalam membuat karangan cerita pendek. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiman efek kognitif dan afektif Rubrik Cerpen di Majalah Aneka Yess terhadap Pelajar SMP Negeri 132 Jakarta. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek kognitif dan afektif Rubrik Cerpen di Majalah Aneka Yess terhadap Pelajar SMP Negeri 132 Jakarta. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Malvin DeFleur (1996), dalam bukunya Theories Of Mass Communication dia mengemukakan, bahwa dalam proses komunikasi sumber menyampaikan makna, “makna” dan diubah menjadi pesan yang lalu diubah lagi oleh transmisi menjadi informasi dan kemudian disampaikan melalui suatu saluran dimana dalam hal ini adalah media massa. Informasi yang diterima oleh penerima sebagai pesan, lalu diubah menjadi makna. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hanyalah memaparkan situasi dan peristiwa dan hasilnya nanti diharapkan mampu menggabungkan dan menjabarkan fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat dalam kaitannya dengan topik penelitian. Penelitian deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur atau cara memecahkan penelitian dengan memaparkan keadan objek yang diselidiki sebagaimana adanya, berdasarkan fakta-fakta yang aktual terjadi. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian survei. Dengan mengambil sampel dari satu populasi. Dan untuk pengumpulan data pokoknya peneliti menggunakan quesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Penelitian dengan menggunakan pendekatan studi deskriptif kuantitatif, penelitian survei adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar ataupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tesebut, populasi dalam penelitian ini berjumlah 748 siswa dan sampel berjumlah 75 siswa sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu teknik non probability sampling, yaitu quota sampling. Hasil penelitian, dapat diketahui hasilnya yaitu Rubrik Cerpen di Majalah Aneka Yess memiliki tingkat efek kognitif dan afektif yang tinggi yaitu 48 %. Sehingga efek kognitif dan afektif Rubrik Cerpen di Majalah Aneka Yess terhadap Pelajar SMP Negeri 132 Jakarta adalah tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 134
Call Number: SK/09/243
NIM/NIDN Creators: 04101-003
Uncontrolled Keywords: Efek kognitif dan afektif, rubrik cerpen, majalah aneka yess, pelajar smp
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:08
Last Modified: 05 Jun 2017 06:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item