Strategi produksi tayangan berita traumatik di metro tv (Studi kasus jatuhnya pesawat garuda yang terbakar di bandara adisucipto Jogjakarta)

S, Agus Ramdan (2009) Strategi produksi tayangan berita traumatik di metro tv (Studi kasus jatuhnya pesawat garuda yang terbakar di bandara adisucipto Jogjakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Agus Ramdan Supriatna ( 4410411-039 ) “Strategi Produksi Berita Traumatik di MetroTV (Studi Kasus Jatuhnya Pesawat Garuda Yang Terbakar di Bandara Adisucipto Jogjakarta)” VII+74 Halaman +31 Lampiran; Bibliografi Televisi sebagai media massa audio visual adalah media yang menyampaikan pesan dan informasi kepada khalayak dalam bentik berita. Berita merupakan hasil dari kegiatan jurnalistik. Secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, teknik dan ilmu. Dalam pembuatan atau peliputan suatu peristiwa diperlukan suatu strategi agar rencana dapat terpenuhi. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Produksi Berita Traumatik di MetroTV (Studi Kasus Jatuhnya Pesawat Garuda Yang Terbakar di Bandara Adisucipto Jogjakarta). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Redaksi yang ditetapkan oleh manjemen dalam memproduksi tayangan berita traumatik yang ditinjau dari konsep perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap apa yang dilakukan tim redaksi MetroTV. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh penulis yaitu tentang, komunikasi, komunuikasi massa, televisi sebagai saluran media massa, program berita, nilai jurnalistik televisi, etika jurnalistik, strategi produksi berita traumatik yang berdasar pada konsep POAC (Planning atau perencanaan, Organizing atau pengorganisasian, Actuating atau pelaksanaan, dan Controlling atau pengawasan) yang digunakan tim redaksi MetroTV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif yaitu hanya memaparkan gambaran mengenai gejala – gejala atau realitas – realitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yaitu wawancara secara mendalam dengan key Informan, data skunder dengan studi literatur. Konsep penelitian ini adalah Strategi produksi yaitu suatu rencana lengkap dan terintegrasi untuk menghasilkan sesuatu agar dapat mencapai hasil yang terbaik. Berita Traumatik yaitu informasi yang berisi tentang peristiwa yang menyebabkan kondisi stress psikologis yang merupakan pengaruh dari peristiwa dahsyat dan luar biasa yang dialami orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi mengacu pada konsep POAC (Planning atau perencanaan, Organizing atau pengorganisasian, Actuating atau pelaksanaan, dan Controlling atau pengawasan) adalah bahwa perencanaan lebih dilakukan kepada hasil perolehan data dari lapangan untuk kondisi Breaking News konsep yang lebih dominan adalah produksi atau Actuating yang digunakan tim redaksi MetroTV dalam memproduksi berita traumatik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 053
Call Number: SK/09/302
NIM/NIDN Creators: 4410411-039
Uncontrolled Keywords: PRODUKSI TAYANGAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:14
Last Modified: 11 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26025

Actions (login required)

View Item View Item