Tingkat pengetahuan khalayak thd iklan operator layanan telekomunikasi seluler 3 (Tri) versi Rp/1/menit ke sesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang pda media

Nurpadilah, (2009) Tingkat pengetahuan khalayak thd iklan operator layanan telekomunikasi seluler 3 (Tri) versi Rp/1/menit ke sesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang pda media. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Operator seluler 3 merupakan operator baru di Indonesia, yang dikeluarkan oleh PT. Hutchison CP Telecom (HCPT). Operator seluler 3 dipasarkan sejak 30 Maret 2007. Berbagai macam prmosi dilakukan mulai dari radio, billboard, spanduk, dan televisi. Peneliti tertarik pada media televisi sebagai media beriklan karena televisi merupakan salah satu media pandang dengar (audio visual) yang paling kuat dalam mempengaruhi khalayaknya. Penayangan iklan di televisi dapat dikatakan efektif dan efisien karena dapat menjangkau khalayak secara luas. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan khalayak terhadap iklan operator layanan telekomunikasi seluler 3 Versi Rp1/menit kesesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang pada media televisi. Teori yang digunakan untuk membahas pengetahuan khalayak yaitu Hierarcy Effect, dan DAGMAR pada tahapan kognitif. Efek komunikasi mengacu pada tingkat pengetahuan ROGERS yaitu tingkat pengetahuan sadar kenal (Awareness Knowledge), pengetahuan teknis (How To Knowledge), pengetahuan Prinsip (Principles Knowledge). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan survey. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Sub Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMK YMIEK Joglo Jakarta Barat. Sampel diambil sebanyak 79 responden didapat berdasarkan rumus Taro Yamanne dari sub populasi sebanyak 391 orang. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling random sederhana dengan cara pemulihan (sampel diambil dengan cara layaknya melaksanakan undian). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat pengetahuan khalayak terhadap iklan operator telekomunikasi seluler 3 Versi Rp1/menit kesesama 3 dari jam 1 pagi sampai jam 1 siang pada media televisi termasuk dalam kategori tinggi. Dalam hal ini meliputi tingkat pengetahuan sadar kenal yang diukur dengan sub dimensi visual dan audio dengan skor sebanyak 67,1 masuk dalam kategori tinggi karena batas kategori tinggi pada pengetahuan sadar kenal yaitu 62,4-85, kemudian tingkat pengetahuan teknis juga diukur dengan sub dimensi visual dan audio dengan skor 70,4 masuk dalam kategori tinggi karena batas kategori tingginya 66-90, dan tingkat pengetahuan prinsip dengan skor 18,8 yang diukur berdasarkan fitur-fitur yang ada dalam iklan 3 Versi Rp1/menit kesesama 3 juga masuk dalam kategori tinggi karena batasnya adalah 18,4-25.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 072
Call Number: SK/09/306
NIM/NIDN Creators: 04302-031
Uncontrolled Keywords: khalayak thd iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:47
Last Modified: 05 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26021

Actions (login required)

View Item View Item