Strategi program semangat pagi di 98,7 Gen Fm (periode Desember 2008-Januari 2009)

Hamdani, R. Aria Gorba (2009) Strategi program semangat pagi di 98,7 Gen Fm (periode Desember 2008-Januari 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Strategi program adalah hal yang sangat penting bagi sebuah stasiun penyiaran agar dapat menarik sebanyak mungkin audiens, tak terkecuali bagi stasiun radio. Sebab jumlah pendengar menentukan nilai rating yang merupakan indikator utama dalam menarik minat pemasang iklan. Seluruh stasiun radio akan berlomba dalam menciptakan strategi program yang jitu agar dapat meraih audiens sebanyak-banyaknya dan memperoleh pemasukan iklan yang besar. Semangat Pagi adalah program andalan Gen FM. Program ini disiarkan di pagi hari di mana jumlah pendengar radio mencapai titik tertinggi. Melalui program ini, Gen FM meraih posisi teratas di antara radio-radio lokal non-dangdut di Jakarta dalam usia yang relatif sangat muda. Majalah musik Rolling Stone Indonesia bahkan menganugerahi mereka gelar The Phenomenal Station untuk tahun 2008. Hal ini menimbulkan pertanyaan di benak peneliti, “Seperti apakah strategi program Semangat Pagi?” Melalui metode studi kasus, peneliti mencoba untuk menggali lebih dalam strategi program Semangat Pagi di Gen FM. Untuk itu, peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap empat orang informan kunci dari program Semangat Pagi di Gen FM, termasuk para penyiarnya yang terkenal, Kemal dan Ade Herlina. Untuk menguji silang, peneliti juga mewawancarai dua orang informan yang mewakili pendengar Semangat Pagi. Hasil penelitian ternyata cukup mengejutkan. Selama masa penelitian, Semangat Pagi ternyata tidak memiliki strategi program khusus dan hanya dijalankan berdasarkan strategi besar Gen FM yang mengedepankan “Less Talk, More Music” dan sangat berfokus pada eksekusi program. Namun dengan menjalankan strategi ini, Gen FM melalui program Semangat Pagi telah berhasil memenuhi sebagian dari tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 036
Call Number: SK/09/314
NIM/NIDN Creators: 44106110002
Uncontrolled Keywords: PROGRAM RADIO
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:14
Last Modified: 11 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26015

Actions (login required)

View Item View Item