Dampak tayangan inbox di Sctv terhadap remaja kelurahan cibodasari tanggerang

Purba, Ika Natalia (2009) Dampak tayangan inbox di Sctv terhadap remaja kelurahan cibodasari tanggerang. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Media masa adalah sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator terhadap komunikan. Salah satu contohnya adalah Televisi. Kelebihan televisi dari media massa lainnya, adalah bersifat audio visual, dapat dilihat dan didengar mengambarkan kenyataan. Tayangan musik adalah salah satu program dari televisi yang sangat penting keberadaannya. Salah satu bentuk program hiburan adalah musik. Program musik berupa konser dapat dilakukan di lapangan (outdoor) ataupun di dalam studio (indoor). Tayangan musik inbox di SCTV memberikan inspirasi dan menambah wawasan kecanggihan teknologi. Pokok permasalahan penelitian ini adalah mengetahui dampak Kognitif, afektif dan konatif remaja Kelurahan Cibodasari Tangerang setelah menonmton tayangan Inbox di SCTV. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan formulasi laswell, yang mengungkapkan cara sederhana untuk memahami bagaimana sebuah pesan dikelola. Ungkapan terkenal laswell ”who says what to whom in what channel with what effect” telah memberikan sebuah pemahaman terhadap bagaimana pengemasan sebuah pesan yang disiarkan melalui media dapat mempunyai dampak bagi orang yang menontonnya Peneliti menggunakan sifat penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, teknik pengambilan sampel secara acak. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak yang didapat setelah menonton tayangan Inbox di SCTV dapat menambah pengetahuan dan menambah referensi dalam bersifat berprilaku dan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian survei dilapangan, diketahui bahwa dampak kognitif, afektif dan konatif tayangan Inbox di SCTV terhadap remaja Kelurahan Cibodasari Tangerang adalah positif. Kesimpulan ini didapat berdasarkan rangkuman hasil penjumlahan data survei yang telah peneliti olah yaitu Dampak Kognitif, terdapat 48 orang responden / 84 % beranggapan positif dan terdapat 9 orang responden / 16 % beranggapan netral terhadap tayangan inbox, Untuk Dampak Afektif terdapat 48 orang responden / 84 % beranggapan positif dan terdapat 9 orang responden / 16 % beranggapan netral terhadap tayangan inbox, dampak Konatif terdapat 39 orang responden / 68 % beranggapan positif dan terdapat 18 orang responden / 32 % beranggapan netral terhadap tayangan inbox Harapan peneliti kualitas tayangan Inbox di SCTV dapat ditingkatkan agar tetap mendapat tempat dihati para penontonnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 050
Call Number: SK/09/316
NIM/NIDN Creators: 44106120001
Uncontrolled Keywords: TAYANGAN TV
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:14
Last Modified: 11 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26013

Actions (login required)

View Item View Item