Sirait, Noviyanti (2009) Strategi komunikasi pemasaran PT. Indowanua inti sentosa dalam memasarkan paket bali tahun 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI NOVIYANTI SIRAIT 44305110061 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. INDOWANUA INTI SENTOSA DALAM MEMASARKAN PAKET BALI TAHUN 2008 77 halaman ; 2 tabel, 1 bagan Bibliografi : 25 buku (1976-2007) Strategi komunikasi pemasaran suatu produk pada sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan pemasaran dalam memajukan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu ketelitian dan kejelian dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan terlebih untuk sebuah biro perjalanan wisata yang berskala tidak besar seperti PT. Indowanua Inti Sentosa yang memiliki dana sangat terbatas. Yang menarik dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi dan pelaksanaan komunikasi pemasaran PT. Indowanua Inti Sentosa dalam memasarkan paket bali tahun 2008. Penerapan strategi komunikasi pemasaran perlu dirancang secara matang agar proses penyampaian pesan dapat berjalan secara efektif dan tepat pada target sasaran. Seperti dalam teori Chris fill dalam sistem komunikasi pemasaran. Terdapat elemenelemen komunikasi pemasaran yang dilakukan seperti : periklanan, penjualan personal, hubungan masyarakat, promosi penjualan dan pemasaran langsung. Hal terpenting dalam melaksanakan komunikasi pemasaran adalah menentukan strategi apa dan media apa yang digunakan untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT. Indowanua Inti Sentosa dalam memasarkan produknya yaitu paket tur bali. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Indowanua Inti Sentosa untuk memasarkan produknya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan metode deskriptif analisis dan tipe penelitiannya deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan observasi secara mendalam dengan nara sumber yaitu manajer pemasaran dan manajer bagian tur serta mengumpulkan data-data lain berupa data perusahaan yang diperoleh dari PT. Indowamua Inti Sentosa. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan PT. Indowanua Inti Sentosa antara melalui : Iklan (dengan penyebaran brosur dan beriklan di koran dan yellow pages), promosi penjualan (dengan pemberian diskon, hadiah, bonus dan komisi) dan penjualan personal (dengan cara tenaga penjual mendatangi konsumen yang merupakan target market dari paket bali ini). Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Indowanua Inti Sentosa belum maksimal sehingga berdampak pula penurunan dalam memasarkan paket bali pada tahun 2008.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 070 |
Call Number: | SK/09/326 |
NIM/NIDN Creators: | 44305110061 |
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 16:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 16:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26006 |
Actions (login required)
View Item |