Strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) astro ceria dalam menciptakan engagement & encouragment dengan pemirsanya dalam periode siaran april 2006- September 2008

Syarifah, Siti (2009) Strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) astro ceria dalam menciptakan engagement & encouragment dengan pemirsanya dalam periode siaran april 2006- September 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Seiring dengan semakin berkembangnya era teknologi informasi, menjadikan televisi menjadi sebuah media yang konvensional. Perubahan ini tidak dapat dipungkiri memperngaruhi berbagai sisi bisnis, termasuk Astro Ceria. Sebagai sebuah media yang lahir di era persaingan seperti saat ini, berdasarkan hasil pengamatan, Astro Ceria memiliki strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang melingkupi berbagai bagian dalam perusahaan, untuk memastikan tercapainya tujuan komunikasi pemasaran yang mengarah pada pencapaian tujuan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana strategi IMC yang di terapkan oleh Astro Ceria untuk mencapai penciptaan Engagement dan Encouragement selama periode tayang April 2006-September 2008. Penelitian ini mengacu pada teori IMC yang di kemukakan oleh B. Helpris Estaswara yang merupakan perkembangan dari beberapa teori IMC seperti teori yang dikemukakan oleh D.E. Schultz dan J. Kliatchko. Yang menjelaskan proses perencanaan strategi IMC, mulai dari analisis internal dan eksternal, penentuan tujuan komunikasi melalui STP, perumusan taktik dan formulasi dari bauran komunikasi pemasaran dan startegi media, hingga evaluasi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang ditujukan untuk memberikan gambaran atas suatu objek penelitian berdasarkan fakta, yakni penerapan startegi IMC di Astro Ceria. Metode penelitian yang digunakan adalah single case study, dimana objek yang diteliti terfokus pada satu objek masalah, dimana hasil penelitian diperoleh melalui wawancara nara sumber dan dukungan data dari perusahaan. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah Head Of Marketing dan Programming Executive dari Astro Ceria. Hasil penelitian ini menunjukan proses penerapan IMC Astro Ceria yang lengkap dari end-to-end, dan terfokus pada dua faktor utama dalam proses bisnis nya yaitu : Programming dan Marketing. Dari hasil penelitian diketahui juga bahwa berbagai tahapan penerapan strategi IMC dalam berbagai elemen telah membawa Astro Ceria ke posisi teratas persaingan televisi anak-anak dalam lingkup televisi berbayar, selama periode tayang April 2006 – September 2008.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 066
Call Number: SK/09/328
NIM/NIDN Creators: 4430412-032
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:14
Last Modified: 11 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item