Pengaruh komunikasi atasan ke bawahan (Downward Communication) terhadap iklim komunikasi organisasi di divisi marketing PT.Central Aneka Busana

Qamariyyah, Nurul (2009) Pengaruh komunikasi atasan ke bawahan (Downward Communication) terhadap iklim komunikasi organisasi di divisi marketing PT.Central Aneka Busana. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK NURUL QAMARIYYAH ( 44206110009 ) Pengaruh Komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap Iklim Komunikasi Organisasi di Divisi Marketing PT Central Aneka Busana, Jakarta Jumlah Halaman: xii + 100 halaman Kata Kunci : Komunikasi Atasan ke Bawahan, Iklim Komunikasi Organisasi Dalam suatu organisasi penting adanya interaksi sosial diantara anggota organisasi melalui proses komunikasi.Agar kerja organisasi efektif dan efisien diperlukan adanya hubungan antara atasan dan bawahan (downward communication). Hubungan atasan-bawahan yang terbuka dan percaya menciptakan kondisi yang baik terhadap kenyamanan dan kepuasan kerja serta kinerja dari anggota organisasi yang akhirnya akan mempengaruhi iklim komunikasi organisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi Atasan ke Bawahan (downward communication) terhadap iklim komunikasi organisasi di Divisi Marketing PT Central Aneka Busana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari komunikasi organisasi, komunikasi atasan ke bawahan dan iklim komunikasi organisasi. Pada penelitian ini,menjabarkan dimensi komunikasi atasan ke bawahan yang dikemukakan oleh Muhammad Arni yaitu Instruksi tugas, rasional, ideologi, informasi, balikan, keterbukaan, kepercayaan pada pesan tulisan, pesan yang berlebih, timing, dan penyaringan. Sedangkan untuk iklim komunikasi organisasi ada 5 dimensi dari Redding yaitu supportiveness, pastisipasi membuat kepercayaan, kepercayaan, keterbukaan dan keterusterangan dan tujuan kinerja tinggi. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasinya adalah seluruh karyawan di divisi marketing dengan menggunakan teknik sampling sensus yaitu sebanyak 50 responden karyawan sebagai sampel. Analisis data dilakukan melalui perhitungan uji validitas dan reliabilitas dengan metode alpha-Cronbach untuk uji instrumen penelitian, serta uji korelasi pearson product moment dan uji regresi dengan bantuan software SPSS versi 13.0. Hasil dari penelitian dapat diketahui pada variabel komunikasi atasan ke bawahan nilai yang paling baik pada dimensi instruksi tugas (86.8%) dan nilai rendah dimensi penyaringan (49%). Untuk nilai baik variable iklim komunikasi organisasi yaitu pada dimensi supportiveness (83.67%) dan nilai rendah pada dimensi tujuan kinerja tinggi (68.77%). Sedangkan berdasarkan angka koefisien korelasinya diperoleh 0.837 dan perhitungan regresinya Y=22.763+0.410x. Sehingga dapat diartikan bahwa komunikasi atasan ke bawahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap iklim komunikasi organisasi. Jika komunikasi atasan ke bawahan baik/meningkat maka iklim komunikasi organisasi juga akan baik/meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 088
Call Number: SK/09/330
NIM/NIDN Creators: 44206110009
Uncontrolled Keywords: iklim komunikasi organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:16
Last Modified: 11 Jun 2017 16:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item View Item