Strategi manajemen waktu tayang Prime Time di stasiun penyiaran trans Tv (periode Juli - Agustus 2008)

Komarudin, Muhamad (2009) Strategi manajemen waktu tayang Prime Time di stasiun penyiaran trans Tv (periode Juli - Agustus 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Media televisi merupakan alat komunikasi massa yang efektif untuk, menginformasikan dan menyiarkan suatu masalah. Dengan berkembangnya teknologi penyiaran, membuat semakin cepat kita menerima informasi. Setiap harinya pemirsa diberikan tayangan berbagai program, mulai dari program News, Music, talk show, reallity show, infotaiment, variety show, sports, Quis dan lainlain. Penempatan program yang sangat berpontesial menarik banyak pemirsa yaitu penempatan pada waktu prime time. Prime time merupakan waktu siaran televisi yang paling banyak menarik penonton, pada segmen ini penonton sangat beragam seperti pegawai kantor, anak muda, anak-anak dan sebagainya. Keberhasilan sebuah program akan dipengaruhi oleh bagaimana Strategi penempatan program yang tepat dalam setiap waktu tayang. Rumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana Strategi Manajeman Waktu tayang Prime Time Di Stasiun Penyiaran Trans TV (periode Juli-Agustus 2008). Dengan tujuan untuk mengetahui secara keseluruhan proses manajeman waktu prime time. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan menyimpulkan hasil wawancara mendalam (indepth interview) kepada para narasumber yaitu Kepala Divisi Program, Executive Produser dan Kepala Planning And Scheduling Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi manajeman waktu tayang prime time di trans tv, strategi dimulai melalui proses yang panjang, dengan adanya ide/gagasan yang dikumpulkan dari internal maupun eksternal dan riset dilapangan, konsep ini lalu dikembangkan alternatif ide program, dan menetapkan jenis program, judul program, durasi, sumber program (produksi sendiri, produksi rumah produksi, dan film yang dibeli) serta diciptakan atau dikembangkan program baru yang inovatif, kreative, dinamis dan kompetitif. Kegiatan selanjutnya menyusun pola siaran dengan menyeleksi dan menjadwalkan program acara sesuai dengan kriteria saat waktu prime time serta memperhatikan competitor televisi lain agar program secara efektif dapat mencapai sasaran (target audiens). Trans Tv melakukan dua strategi secara bersamaan yaitu strategi planning and schduling dan strategi competitor untuk meningkatkan rating dan share. Dengan dua strategi tersebut trans tv dapat menaikkan kembali mutu program siaran sehingga menghasilkan popularitas dan image yang kuat serta pemirsa yang besar jumlahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 042
Call Number: SK/09/333
NIM/NIDN Creators: 4410401-141
Uncontrolled Keywords: waktu tayang
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 16:16
Last Modified: 11 Jun 2017 16:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item View Item