Opini kaum suami rw 12 kelurahan grogol selatan pd tayangan situasi komedi suami2 takut istri di trans tv (Study deskriptif opini kaum suami usia 24-45 tahun rw 12 kelurahan grogol selatan)

Tunggala, Rengga (2009) Opini kaum suami rw 12 kelurahan grogol selatan pd tayangan situasi komedi suami2 takut istri di trans tv (Study deskriptif opini kaum suami usia 24-45 tahun rw 12 kelurahan grogol selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Opini Kaum Suami RW 012 Kelurahan Grogol Selatan Pada Tayangan Situasi Komedi Suami-Suami Takut Istri Di TRANS TV Ket : Jumlah Halaman (i – xi) Jumlah Buku 19 ( tahun 1994 – 2007 ) Media Televisi setiap harinya menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam, salah satunya adalah program tayangan sitkom Suami-suami Takut Istri yaitu mengangkat fenomena suami-suami yang tinggal di suatu area perumahan. Mereka semua memiliki kesamaan yaitu berada di bawah dominasi istri-istri mereka. Perasaan senasib sepenanggungan ini tumbuh makin kuat, sehingga mereka membentuk aliansi tidak resmi bagi suami-suami yang takut istri ini. Mereka saling mendukung dan mencela, saling menguatkan agar tidak lagi mau ditindas, walaupun seringkali sang pemberi nasihat justru masih takut istri juga. Sitkom Suami - Suami Takut Istri adalah situasi komedi yang di tayangkan di TRANS TV setiap Senin hingga Jumat pukul 18.00 WIB sejak 15 Oktober 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui opini kaum suami di RW 012 Kelurahan Grogol Selatan pada tayangan sitkom " SUAMI-SUAMI TAKUT ISTRI " yang ditayangkan di stasiun TRANS TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus Organisme Respon (S-O-R) yang menjelaskan tentang rangsangan atau pesan yang disampaikan pada pihak penerima (receiver) sebagai akibat dari komunikasi yang menghasilkan suatu respon atau pendapat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan selama 8 hari, menggunakan metode survey terhadap 90 responden dari jumlah populasi 873 jiwa, dengan tehnik penarikan sampel purposive sampling. Dari penelitian ini menggunakan kuesioner berjumlah 25 pertanyaan, Hasil penelitian secara umum kaum suami di RW 012 Kelurahan Grogol Selatan yang berusia 25-45 tahun, sebanyak 93.33 % yang memberikan opini positif pada kehadiran tayangan sitkom suami-suami takut istri, menunjukan bahwa kaum suami yang menonton sitkom suami-suami takut istri hanya mengambil unsur hiburan dari tayangan tersebut dengan mengabaikan adegan kekerasan dan pelecehan dalam tayangan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 140
Call Number: SK/09/467
NIM/NIDN Creators: 4410402-003
Uncontrolled Keywords: Opini tayangan tv, trans tv, survey deskriptif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Nov 2009 16:16
Last Modified: 31 May 2017 02:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item View Item